Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mesin Kecil Bukan Jaminan Lolos Uji Emisi

Berita Otomotif

Mesin Kecil Bukan Jaminan Lolos Uji Emisi

PARIS – Beberapa produsen mobil tengah bersiap untuk kembali menggandakan kapasitas mesin mereka.

Langkah ini dilakukan, karena mesin berkapasitas kecil yang mereka produksi belakangan ini, ternyata tidak lolos uji emisi yang semakin ketat. Pabrikan mobil seperti Volkswagen, General Motors dan Renault akan menggandakan kapasitas mesin bensin dan diesel mereka yang sangat kecil.

Ketiga manufaktur tersebut mengadopsi mesin berkapasitas di bawah 1000 cc. Hingga kini mereka masih memproduksi kendaraan mungil tersebut. Dengan kapasitas kecil, mesin-mesin ini dipaksa untuk memenuhi kebutuhan berkendara sehari-hari.

Hasil studi menunjukkan bahwa, mesin bensin berkapasitas kecil memuntahkan partikel kecil halus dan karbonmonoksida. Beberapa laporan menyebutkan hawa panas yang dihasilkan dapur pacu kendaraan mereka naik 15 kali lipat dari batas legal.

Salah satu contohnya adalah Renault yang menggunakan mesin bensin berkapasitas 0,9-liter. Dalam kondisi jalan sebenarnya, kendaraan buatan Perancis ini mengalami gejala yang mengarah overheating dan emisi yang tinggi.

Dengan adanya hasil di atas, diperkirakan Volkswagen akan mengganti mesin diesel 1.4-liter mereka dengan 1.6-liter. Lebih lanjut Renault akan meningkatkan kapasitas mesin diesel 1.6-liter-nya sebesar 10 persen. Sementara GM yang dikabarkan akan meluncurkan mesin kecil generasi baru pada 2019, namun kapasitasnya lebih besar 25 - 30 % dari mesin terkecil yang sekarang mereka punya dengan kapasitas  1.2 liter.

“Teknik kami untuk mengurangi kapasitas mesin tidak lagi memungkinkan untuk memenuhi standar uji emisi. Kami telah mencapai batas perampingan,” ujar Alain Raposo, Head of Powertrain Renault-Nissan.

Beberapa analisa mengatakan, dengan standart emisi terbaru yang akan ditetapkan berberapa negara, regulasinya yang semakin ketat hampir mustahil bisa dilewati oleh mesin kecil. Nantinya bukan tidak mungkin aturan ini akan membunuh mesin bensin dengan kapasitas di bawah 1.2-liter untuk mesin bensin dan diesel di bawah 1.5-liter. [Dew/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Reporter

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang