Mesin Boxer Berusia Separuh Abad

Berita Otomotif

Mesin Boxer Berusia Separuh Abad

TOKYO - Kehebatan mesin Boxer telah diakui dunia karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan mesin-mesin berkonstruksi "segaris" dan "V". Mesin horisontally-opposed Boxer dimunculkan oleh Fuji Heavy Industries, produsen mobil-mobil Subaru, sejak setengah abad silam.

Tepat 14 Mei 1966, Fuji Heavy Industries meluncurkan Subaru 1000 sebagai mobil pertama yang menggendong mesin Boxer. Selama 50 tahun, jumlah mobil Subaru  dengan mesin Boxer telah mencapai 16 juta unit.

Pengembangannya tidak pernah putus, bahkan hari ini tidak ada satu pun model Subaru tidak memanfaatkan mesin Boxer.

Mesin Boxer menampilkan posisi piston-piston saling berhadapan satu sama lain dengan posisi simetris sejajar. Posisi mereka seperti ini berfungsi untuk memaksimalkan performa, menghasilkan getaran lebih sedikit dan keseimbangan rotasi dengan sangat baik sehingga dapat berjalan dengan halus (lihat video).

Mesin Boxer dikawinkan dengan sistem Symmetrical All-Wheel Drive (AWD). Sistim S-AWD menawarkan kombinasi stabilitas dan traksi superior, keseimbangan distribusi bobot kendaraan. Sinergi (Boxer & S-AWD) ini memberikan performa maksimal seperti stabilitas ketika kecepatan tinggi dan saat menikung dengan tajam.

Selamat ulang tahun Boxer. [Amo/Idr]

Sumber: Otospirit

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support