Mesin All-New Suzuki Ertiga Akan Digunakan di Model Baru Lainnya

Berita Otomotif

Mesin All-New Suzuki Ertiga Akan Digunakan di Model Baru Lainnya

JAKARTA – Mesin All-New Suzuki Ertiga juga akan menjadi sumber penggerak model baru Suzuki lainnya.

Ertiga generasi kedua meluncur untuk pertama kalinya di dunia melalui Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, 19 – 29 April di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Perubahannya tergolong drastis dan tak cuma menyentuh desain serta fitur, tapi juga platform dan mesin.

Head of 4W Product Development Yulius Purwanto PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjelaskan bahwa investasi yang digelontorkan untuk riset dan pengembangan, termasuk mesin, cukup besar. Karena itulah, demi efisiensi mesin All-New Ertiga kelak digunakan pula di model anyar Suzuki lainnya untuk Indonesia yang kini masih dalam perencanaan.

“Investasi mesin terhitung besar sehingga ini adalah komponen strategis. Pasti bakal dipakai di model-model baru lain,” ujarnya dalam konferensi pers di sela-sela IIMS 2018.

Sayangnya, ia tak bisa bicara mesin berkode K15B tersebut akan dipakai di produk apa. Hanya saja, kalau dilihat rekam jejaknya, mesin lama Ertiga yaitu K14B dipakainya di Swift dan Baleno Hatchback. Yulius menolak menjawab pertanyaan Mobil123.com mengenai apakah dua model terrsebut menjadi dua kandidat dengan kemungkinan terbesar.

“Kemungkinnya di model yang mana saya belum bisa jawab. Penentuan soal mesin apa di model apa harus lewat studinya,” tandas dia.

Mesin All-New Ertiga bertambah besar kapasitasnya, dari 1.4 liter menjadi 1.5 liter. Komponen-komponen di dalamnya semisal valve piston dan crankshaft pun berbeda.

Ubahan-ubahan tersebut membuat bore x stroke maupun tenaga serta torsi berbeda. Bore x stroke ini menjadi 74.0 x 85.0 dari sebelumnya 73.0 x 82.0. Adapun tenaga plus torsi membesar menjadi 103.2hp dan 138 Nm dari 91.1hp dan 130 Nm.

Ertiga termutakhir menggunakan pula platform baru HEARTECH yang lebih ringan plus rigid. Desain dari segala sisi berubah signifikan. Fitur-fitur canggih anyar disematikan tapi hanya terdapat pada varian tertinggi yaitu GX, sementara varian GA dan GL tidak.

Harga resmi All-New Ertiga belum diumumkan, namun sumber dalam Suzuki mengabarkan tidak bakal lebih dari Rp 240 juta. Distribusi model ini kelak dilakukan mulai pertengahan Mei. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar