Merek Motor Taiwan, China, Malaysia Susul Honda-Benelli Ikut GIIAS 2021

Berita Otomotif

Merek Motor Taiwan, China, Malaysia Susul Honda-Benelli Ikut GIIAS 2021

JAKARTA – Merek-merek motor yang dipastikan hadir dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 bertambah, menjelang dimulainya pameran.

GIIAS 2021 dijadwalkan berlangsung pada 11-21 November di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang. Pameran otomotif yang diklaim terbesar se-Asia Tenggara ini akan diikuti oleh beragam merek mobil maupun motor.

Project Director Seven Event Agus Riyadi, dalam Diskusi Virtual dengan Forum Wartawan Otomotif (Forwot), mengatakan, tidak ada penambahan eksibitor untuk merek roda empat. Terdapat 17 merek mobil penumpang serta empat merek mobil niaga.

Sekadar info, jumlah ini agak berbeda dengan data dalam pernyataan pers pada Oktober 2021 yakni 18 merek kendaraan penumpang plus empat merek kendaraan komersial. Satu merek yang ada dalam keterangan resmi terdahulu tapi ternyata tidak ada dalam floor plan pameran ialah DFSK.

Untuk roda dua, di sisi lain, ada penambahan empat merek.

motor China CF Moto 300 NK

“Untuk roda dua ada, memang. (Dari dua merek) menjadi enam merek,” kata dia pada Jumat (5/11/2021).

Dua merek awal adalah Honda, merek asal Jepang serta Benelli, merek kelahiran Italia. Empat tambahannya, berdasarkan keterangan Seven Event, ialah SYM, SM Sport, CF Moto, dan W Moto.

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com, bisnis keempatnya di Indonesia dipegang oleh PT. MForce Indonesia sebagai agen pemegang merek. Namun, asal negara dari merek-merek itu berbeda.

SYM berasal dari Taiwan. CF Moto berbasis di China.

SM Sport maupun W Moto adalah pabrikan ‘kuda besi’ dari Malaysia.

merek motor Taiwan Maxsym 600i

Lebih lanjut, Seven Event menyadari GIIAS 2021 diadakan di tengah kondisi pandemi Covid-19. Gara-gara pandemi ini pula, GIIAS sempat absen pada 2020.

Dengan segala protokol kesehatan termasuk pembatasan kapasitas gedung, jumlah pengunjung GIIAS 2021 tidak akan sebanyak GIIAS 2019 yang mencapai 472 ribu orang.

Target pengunjung GIIAS tahun ini antara 120-150 ribu orang.

“Kalau tercapai 150 ribu orang, berarti sehari, kan, sekitar 15 ribu orang yang datang ke pameran,” sebut Agus.

Tiket GIIAS 2021 hanya dijual via daring (online) melalui aplikasi GIIAS Auto 360. Selama masa pre-sale, atensi publik dinilai cukup baik karena dalam dua hari tiket sudah habis terjual.

“Dari target 120-150 ribu itu, kurang-lebih 10 persennya sudah terjual dalam pre-sale,” tutup Agus. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar