Merek Mobil India Mahindra Come Back di Indonesia

Berita Otomotif

Merek Mobil India Mahindra Come Back di Indonesia

JAKARTA - Merek mobil India Mahindra kembali mencoba peruntungannya di pasar Indonesia. Jika sebelumnya lewat Indomobil Group, kini masuk melalui RMA Group.

Hal ini diketahui dari undangan resmi uji kendara (test drive) Mahindra untuk Mobil123.com, baik secara tulisan maupun keterangan lisan, yang bakal berlangsung pada Kamis (17/10/2019) di Bogor, Jawa Barat. Adapun model yang akan dijajal tak tertera dalam undangan, tapi isu yang beredar adalah model pick-up Mahindra Bolero.

Undangan sendiri dikirimkan oleh RMA Group. Grup ini, di Indonesia, menangani layanan purna jual dan suku cadang Ford setelah merek asal Amerika Serikat tersebut minggat dari Indonesia pada awal 2016.

Mahindra kembali akan menemani Tata Motors, pabrikan India yang masih cukup eksis di pasar otomotif nasional. 

Agen pemegang merek mereka, Tata Motors Indonesia, berdiri sejak 2013. Raksasa otomotif ‘Negeri Hindustan’ ini sempat menjajal pasar kendaraan penumpang dengan merilis Tata Safari Storme, Tata Aria, Tata Vista.

Ketiganya berjuang di segmen yang berbeda-beda. Safari Storme masuk merupakan sport utility vehicle (SUV), Aria merupakan multi purpose vehicle (MPV), sedangkan Vista mencoba peruntungan di segmen hatchback.

Namun, umur ketiganya tak bertahan lama hingga akhirnya tak lagi dijual. Mereka akhirnya menyusup di segmen kendaraan komersial hingga kini.

Di sektor light commercial vehicle (LCV), ada Tata Ace, Tata Super Ace HT, Tata Xenon HD, Tata Xenon XT. Sektor truk, di sisi lain, diisi oleh Tata Ultra, Tata LPT 913, Tata LP 713, Tata Prima LX 2528.K, Tata Prima 4023.S, Tata Prima 4028.S, Tata Prima 4928.S.

Menarik mengamati bagaimana strategi Mahindra untuk bertahan di pasar Indonesia setelah pengalaman pertama mereka yang gagal. Tentunya Mahindra sadar betul bagaimana kerasnya persaingan di pasar otomotif Indonesia, utamanya pada dominasi merek-merek Jepang.

Kedigdayaan Jepang baru bisa sedikit berkurang ketika dua merek China, Wuling plus Dongfeng Sokon (DFSK), mulai berjualan sejak 2017. Keduanya menerapkan strategi produk yang berharga amat murah di segmennya, tapi dengan fitur-fitur lebih lengkap dan lebih canggih.  [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support