Pabrikan Mobil China Makin Serius untuk Jualan di Amerika Serikat

Berita Otomotif

Pabrikan Mobil China Makin Serius untuk Jualan di Amerika Serikat

BEIJING – Dalam kurun kurang dari dua tahun, sudah ada dua merek mobil China mengumumkan rencana masuk pasar Amerika Serikat (AS) pada 2019 serta 2020.

Hingga detik ini, pasar otomotif AS bersih dari merek mobil China. Tapi, kondisi tersebut bakal berubah mulai tahun depan.

Dua pabrikan roda empat China mengumumkan niat menembus ‘Negeri Paman Sam’. Pertama, seperti diberitakan Mobil123.com pada akhir 2017, adalah Guangzhou Automobile Group (GAC) yang mengumumkannya keinginan masuk AS pada 2019.

Zotye, menurut Forbes, mengikuti langkah GAC setahun setelahnya. Pabrikan yang bermarkas di Yongkang, Zhejiang itu pada awal pekan ini mengumandangkan rencana mempenetrasi AS pada 2020.

Sebagai informasi, Zotye selama ini kesohor di pemberitaan internasional lewat mobil-mobil jiplakan Porsche Macan atau Range Rover Sport yang dijual di ‘Negeri Tirai Bambu’. Zotye juga menjadi rekan joint venture Ford di pasar China.

Operasi Zotye di AS akan berkolaborasi dengan HAAH Automotive Holdings. Mereka adalah importir kendaraan yang didirikan oleh Duke Hale, mantan eksekutif Mazda serta Volvo, dan bermarkas di Lake Forest, California.

HAAH Automotive Holdings nantinya menangani distribusi plus penjualan atas nama Zotye USA. Duke Hale sendiri mengaku sangat antusias dapat menjalin kerja sama dengan Zotye setelah pembicaraan selama lebih dari empat tahun.

“Dengan perjanjian ini, kami sudah mulai menyusun jaringan dealer untuk menangani penjualan dan purnajual di Amerika. Kami sudah berdiskusi dengan beberapa jaringan dealer besar dan informasi lebih sudah bisa kami beritahukan dalam hitungan bulan,” ujar Hale.

GAC tentu juga sudah bergerak membangun jaringan dealer. Pada tahun ini, National Automobile Dealers Association bahkan mengundang mereka di konvensi tahunan dan mempersilakan mereka melakukan pendekatan pada jaringan-jaringan delaer besar.

Model pertama Zotye di AS, menilik keterangan Motor Authority, adalah sport utility vehicle (SUV) yang di China bernama T600. Di negara asalnya, T600 bermesin 1.5-liter dan 2.0-liter turbocharged empat silinder segaris.

Sementara, GAC, dalam Detroit Auto Show pada awal 2018, membeberkan akan meluncurkan SUV, salah satunya adalah GS8, dan sedan di tahun pertama mereka. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar