Merek Mobil China DFSK Ingin Punya 130 Dealer di Indonesia pada 2020

Berita Otomotif

Merek Mobil China DFSK Ingin Punya 130 Dealer di Indonesia pada 2020

JAKARTA – Merek mobil China Dongfeng Sokon (DFSK) berambisi punya 130 dealer di Indonesia pada akhir 2020 nanti.

DFSK, menurut Arviane Dahniarny selaku Public Relations and Digital Manager PT. Sokonindo Automobile, telah memiliki 99 dealer per Januari 2020. Mereka masih akan mengekspansi jaringan penjualan dan purnajual mereka pada tahun bershio tikus logam ini.

“Pada 2019 target kami itu 90 dealer. Di 2020 ini rencananya akan ada penambahan 40 outlet lagi, menjadi 130 dealer,” ucap dia ketika ditemui beberapa waktu lalu di Pondok Indah, Jakarta.

Area persebarannya sendiri masih sama dengan saat ini yaitu Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi. Porsi jumlah dealer di masing-masing pulau tersebut juga tidak akan berubah.

“Sebanyak 55 persen dealer ada di Pulau Jawa, 20 persen di Pulau Sumatera, 11 persen di Kalimantan, 12 persen di Sulawesi,” papar Ane, sapaan akrab Arviane.

Sekadar mengingatkan, DFSK mulai berjualan di Indonesia pada 2018. Akan tetapi, distribusi ke dealer-dealer sudah terjadi pada 2017.

Ada tiga model yang telah mereka jual sampai saat ini. Dua di antaranya merupakan sport utility vehicle (SUV) yaitu Glory 560 yang berharga Rp 200 juta-an serta Glory 580 yang berbanderol Rp 300 juta-an.

Satu lainnya ialah Super Cab. Model ini bermain di segmen pikap kecil yang diiisi juga oleh Daihatsu Gran Max pikap, Suzuki Carry pikap, plus Esemka Bima.

Seluruh model tersebut telah diproduksi secara lokal di pabrik yang berlokasi di Cikande, Serang, Banten. Pabrik ini berkapasitas 50 ribu unit setahun dan telah berteknologi Industry 4.0 yang sarat dengan penggunaan robotik.

Model yang ditawarkan oleh DFSK pada tahun ini akan bertambah. Pada April mendatang, SUV Glory i-Auto akan resmi meluncur.

Glory i-Auto sempat menjadi mobil eksebisi dalam GIIAS 2019. Akan tetapi, versi Glory i-Auto yang nantinya dijual mengalami perubahan-perubahan sesuai dengan hasil survei ke pasar.

DFSK, dalam GIICOMVEC 2020 pada awal Maret kemarin, juga telah memperkenalkan van Gelora dan Gelora E yang berteknologi listrik. Namun, belum jelas kapan mobil komersial itu mulai dijual. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar