Merek Kendaraan Lokal Selain Esemka Ini Rajin Bantu Cegah Penularan Corona

Berita Otomotif

Merek Kendaraan Lokal Selain Esemka Ini Rajin Bantu Cegah Penularan Corona

JAKARTA – Dari berbagai merek kendaraan lokal, yang paling sering diberitakan mungkin adalah Esemka dan Kiat Mandiri Wintor (disebut juga ‘mobil perdesaan’ atau AMMDes). Merek yang disebut belakangan rajin membantu pemerintah dalam pencegahan penularan virus Corona (Covid-19).

Sekadar mengingatkan, mobil perdesaan adalah hasil dari proyek Alat Mekanis Multiguna Perdesaan (AMMDes) antara Kementerian Perindustrian dengan Grup Astra. Produsennya bernama PT. Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) yang kini dimiliki penuh oleh PT. Velasto Indonesia—anak perusahaan PT. Astra Otoparts.

Mobil perdesaan bisa diubah menjadi berbagai macam kendaraan untuk membantu bermacam aktivitas atau perekonomian di daerah – daerah terpencil. Di masa pandemi, Kementerian Perindustrian dan KMWI menyulap mobil perdesaan dengan aplikasi water tank sebagai kendaraan penyemprot disinfektan.


Kabar terkini, ada enam Rukun Warga (RW) di Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat yang disemprot disinfektan oleh kendaraan tersebut. Akan ada lagi tujuh RW di daerah tersebut yang akan disambangi kemudian.

“Berdasarkan hasil diskusi, dari 22 RW di lingkungan kami, sebanyak 13 RW akan disterilisasi dengan jumlah 27.000 penduduk. Kami sudah lakukan di 6 RW,” ungkap Iqbal Faroid selaku Lurah Cimanggih, seperti dijelaskan oleh keterangan resmi Kementerian Perindustrian pada akhir pekan kemarin.


Ia berharap langkah sinergi ini bisa berlanjut dengan program lain. Misalnya, pemanfaatan mobil perdesaan untuk aplikasi ambulance feeder.

“Kami kan sudah bentuk gugus tugas, setiap RW punya kampung siaga penangangan Covid-19. Jadi, apabila ada warga kami yang terpapar, bisa juga pakai AMMDes, karena kami lihat ukurannya yang sangat efektif untuk di jalan perkampungan,” terangnya.

Taufiek Bawazier, Direktur Jendral Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian memberi sinyal bahwa ini tidak akan menjadi aktifitas mereka bersama KMWI. Mobil perdesaan yang sudah disulap menjadi kendaraan penyemprot disinfektan akan mencari daerah lain lagi.

“Kami akan memberikan fasilitasi kepada daerah-daerah yang membutuhkan peran AMMDes penyemprot disinfektan. Ini adalah wujud nyata dari kolaborasi antara pemerintah dengan pelaku industri dalam rangka menghadapi pandemi Covid-19,” kata Taufiek. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar