Merek China Wuling bakal Punya Sekitar 130 Diler di Indonesia Tahun Ini

Berita Otomotif

Merek China Wuling bakal Punya Sekitar 130 Diler di Indonesia Tahun Ini

TANGERANG – Total diler Wuling di Indonesia pada akhir 2021 nanti ada di kisaran 130 outlet. Sebagian besar di antaranya memiliki fasilitas 3S (Sales, Service, Spare Parts).

Direktur Purnajual PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia Taufik S. Arief, dalam konferensi pers di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, menjelaskan hingga pertengahan November pihaknya telah memiliki 128 diler resmi yang tersebar di seluruh Nusantara.

Dari jumlah tersebut, hanya 20 diler yang tidak bisa melayani penjualan, servis, dan pembelian suku cadang sekaligus.

“Sekarang yang 3S ada 108 (diler),” ucap dia pada Selasa (16/11/2021) di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang.

Wuling Almaz RS

Sekadar mengingatkan, merek mobil asal China ini masuk ke Indonesia dengan membangun pabrik senilai 700 juta dollar AS di Cikarang, Bekasi yang selesai pada 2017. Pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi total 120 ribu unit per tahun.

Lalu, pada semester dua 2017, Wuling meluncurkan model pertama mereka yakni multi purpose vehicle (MPV) Confero. Setelah itu, meluncur MPV Cortez, MPV Formo, lalu sport utility vehicle (SUV) Almaz.

Seluruhnya sudah dirakit secara lokal.

Wuling, sambung Taufik, masih berencana meresmikan beberapa diler baru di 1,5 bulan tersisa. Semuanya kelak memiliki fasilitas 3S.

“Mungkin akan jadi sekitar 130-an diler, lah, barang kali karena semuanya sudah tahap finalisasi,” pungkas dia.

diler flagship wuling center Indonesia

Sayangnya, eksekutif Wuling di Indonesia belum bersedia membeberkan target peresmian diler baru pada 2022 mendatang.

“Yang jelas, kami akan terus mencoba menutup ruang-ruang yang kosong, apakah itu untuk Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) atau pun area-area lainnya,” sebut Taufik.

Wuling hadir di Indonesia dengan produk-produk berbanderol relatif terjangkau di segmen masing-masing, tapi mengusung teknologi atau fitur lebih royal. Pada 2022, mereka sudah mengungkapkan rencana meluncurkan serta memproduksi lokal mobil listrik.

Mobil listrik tersebut bakal dibuat dari platform GSEV (Global Small Electric Vehicle). Beberapa model di pasar China yang mengusung platform tersebut sekarang sedang dipamerkan dalam GIIAS 2021 yang berlangsung pada 11-21 November mendatang. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar