Mercedes Jual Mobil F1 Bekas Hamilton

Berita Otomotif

Mercedes Jual Mobil F1 Bekas Hamilton

STUTTGART – Mercedes diketahui menjual mobil bekas Lewis Hamilton di kejuaraan F1 2013.

Dengan kode W04, kendaraan yang pernah mengantarkan Hamilton memenangkan GP Hungaria 2013 ini ditawarkan kepada konsumen yang berminat. Mobil bersejarah tersebut sebelumnya menjadi penghuni museum Mercedes di Stuttgart, Jerman.

Beberapa tahun silam, Mercedes mengadakan program All Time Stars. Adapun program ini merupakan menawarkan kendaraan-kendaraan bersejarah yang dimiliki oleh mereka. Mobil tersebut memiliki nilai sejarah masing-masing sehingga menjadikannya berharga.

Dalam program tersebut ternyata terdapat Mercedes W04 musim 2013. Mobil ini menjadi produk paling terakhir yang ditawarkan kepada konsumen.

Selain GP Hungaria 2013, Mercedes W04 yang ditunggangi oleh Hamilton ini tercatat mencetak empat kali podium pada tahun yang sama. Di akhir musim, Hamilton menempati posisi keempat di klasemen di bawah Sebastian Vettel dan Mark Webber yang membela tim Red Bull dan Fernando Alonso bersama Ferrari.

Kala itu, mobil-mobil Formula One masih menggunakan mesin 2.4-liter V8 Naturally Aspirated (NA). Disebutkan bahwa mobil ini mempunyai tenaga maksimal sebesar antara 750 hp hingga 830 hp. Gilanya adalah mesin tersebut mampu meraung hingga 18 ribu rpm.

Saat itu, FIA sebagai induk organisasi F1 belum menerapkan regulasi mesin hybrid seperti tahun ini. Mesin 1.6-liter hybrid yang digunakan para pembalap F1 2017, mendapat banyak cibiran dari penggemar maupun pelaku olahraga motorsport tersebut.

Meskipun berprestasi, mobil yang digunakan Hamilton pada musim 2013 masih kalah kencang dengan mobil Vettel dan Ferrari. Gaya membalap yang agresif serta skill yang dimiliki pembalap asal Inggris inilah yang membuat W04 mampu mencuri satu kemenangan di seri Hungaria.

Pada F1 2013, Hamilton berpasangan dengan Nico Rosberg. Pembalap Jerman tersebut menggantikan posisi Michael Schumacher yang memutuskan pensiun untuk kedua kalinya dari Formula One.

Dalam program All Time Stars Mercedes, mereka menawarkan mobil-mobil balap klasik seperti CLK LM untuk FIA GT pada 1998, AMG C-Class pada International Touring Car Championship (ITCC) pada 1996, dan C-Class DTM test car.

Dari semua mobil yang ditawarkan hanya W04 dan C-Class DTM yang banyak diminati para kolektor. Hal ini dikarenakan kedua mobil tersebut merupakan yang mempunyai performa paling ganas. C-Clas DTM dibekali mesin 4.0-liter V8 yang diklaim memiliki tenaga maksimal 470 hp.

Beredarnya kabar bahwa mobil F1 bekas Hamilton dijual terungkap di gelaran Goodwood Festival of Speed 2017. Baik W04 maupun C-Class DTM hadir di event legendaris di Inggris tersebut. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support