Mercedes-Benz Yakin Bisa Segera Rakit Mobil Hybrid di Indonesia

Berita Otomotif

Mercedes-Benz Yakin Bisa Segera Rakit Mobil Hybrid di Indonesia

TANGERANG – Mercedes-Benz percaya diri mampu merakit mobil hybrid di Indonesia dalam waktu relatif singkat setelah peluncurannya dan kemungkinan teralisasi 2020 atau 2021.

Seperti diberitakan Mobil123.com sebelumnya, Mercedes-Benz bakal meluncurkan mobil hybrid di Tanah Air pada semester satu 2019. Adapun model-model hybrid yang berpeluang besar untuk pasar Indonesia berasal dari ‘keluarga’ C-Class serta E-Class, seperti C 350 e dan E 350 e Plug-In Hybrid.

Pemerintah sendiri sekarang sedang menyusun insentif pajak untuk mobil hybrid dan listrik yang ditargetkan terbit tahun ini. Para pabrikan bisa memanfaatkan insentif jika berkomitmen merakit lokal mobil ramah lingkungan mereka dalam tiga sampai lima tahun setelah peluncuran.

Menanggapi hal itu, agen pemegang merek Mercedes-Benz di Indonesia menyatakan telah bersiap memenuhi keinginan pemerintah. Komitmen untuk terus memperbanyak model rakitan lokal juga berlaku bagi mobil-mobil berteknologi ramah lingkungan Mercedes-Benz.

“Kami sudah lakukan perakitan CKD (Completely-Knock Down) sampai mencapai 80 persen dari volume kendaraan kami di Indonesia. Komitmen yang sama juga kami terapkan di model-model EV (Electric Vehicle). Ini akan menguntungkan pelanggan dan dari sisi kami sebagai industri langkah tersebut merupakan bagian dari keberlanjutan bisnis di Indonesia,” tandas Hari Arifianto, Deputy Director Marketing Communication PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) menjawab pertanyaan Mobil123.com, beberapa waktu lalu di Serpong Tangerang.

Mercedes-Benz, menurut dia, optimistis mampu melakukannya tak lama. Ia yakin dapat merakit lokal mobil ramah lingkungan di pabrik Wanaherang, Bogor hanya beberapa tahun setelah peluncuran yaitu antara 2020 atau 2021.

“Dalam waktu satu-dua tahun harusnya bisa dilakukan. Tapi ini tentu harus dikonfirmasi ke perusahaan kami yang lain karena jangan lupa kami adalah MBDI (distributor) dan itu estimasi dari kami. Kami harus koordinasi erat dengan PT. Mercedes-Benz Indonesia sebagai pabrik kami di sini,” tukasnya.

Sebelum 2019, Mercedes-Benz sudah bergerak mempersiapkan berbagai infrastruktur yang diperlukan bagi mobil hybrid mereka. Mulai semester dua 2018, mereka membangun fasilitas pengecasan bernama EQ Power Charging di pusat perbelanjaan, perkantoran, maupun perumahan elit. Dua unit EQ Power Charging pertama di Indonesia sudah berdiri di lokasi parkir Plaza Indonesia, Jakarta.

Dan seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, pada April kemarin, Mercedes, melalui Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, telah memperkenalkan sub-brand EQ yang membawahi seluruh model mobil hybrid maupun listrik. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar