Mercedes-Benz Tunda Bawa Prototipe Bus Listrik ke Indonesia Hingga 2023

Berita Otomotif

Mercedes-Benz Tunda Bawa Prototipe Bus Listrik ke Indonesia Hingga 2023

JAKARTA – Mercedes-Benz merasa perlu menunda pengetesan prototipe bus listrik di Indonesia hingga tahun depan. Apa alasan mereka?

President Director Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) Naeem Hassim mengatakan tak berapa lama lagi mereka bakal pergi ke Brazil untuk melihat prototipe bus listrik yang kelak dibawa ke Indonesia. Namun, produk itu baru diboyong ke sini pada permulaan 2023.

“Prototipe bus listrik akan kami bawa pada Q1 (kuartal satu) atau Q2 (kuartal dua) 2023,” kata Naeem merespons pertanyaan Mobil123.com dalam acara perkenalan resmi dirinya kepada media massa pada Selasa (27/9/2022).

Tadinya, pabrikan otomotif asal Jerman ini ingin membawa prototipe bus listrik ke Tanah Air dan mengujinya pada akhir 2022. Namun, Mercedes-Benz merasa bahwa mereka perlu untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai kebutuhan para calon konsumen bus listrik mereka nantinya.

“Korporasi (DCVI) perlu berbicara dengan para calon konsumen di Indonesia beserta para pemangku kepentingan mengenai apakah yang mereka butuhkan. Bagaimana kami dapat membantu mereka, lalu apakah mereka butuh bantuan konsultansi atau bisa mengorganisir persoalan ini sendiri,” papar Naeem.

Mercedes-Benz, lanjut mantan eksekutif Daimler Commercial Vehicle di Afrika Selatan serta Dubai itu, tidak mau cuma ‘menjual putus’ bus listrik. Hal itu, tukas Naeem, bukan filosofi mereka.

“Pesan kami sangat klir. Kami tidak ingin hanya memberikan klien-klien kami produk saja. Daimler tidak akan pernah melakukan itu,” tegasnya.

“Bukan intensi kami meninggalkan para konsumen dengan produk, tanpa menyediakan mereka konsultansi yang dibutuhkan dan konsumen tidak bisa mengecas, tidak tahu apa yang selanjutnya perlu dilakukan terhadap produk itu, tidak tahu di mana servisnya,” tambah Naeem.

Dia lalu berharap bisa menjual bus listrik Mercedes-Benz pada semester dua 2023. Syaratnya, semua proses harus dilakukan dengan cepat dan sesuai jadwal.

“Kalau kami bisa menjalankan rencana dengan jadwal yang seharusnya, juga kalau kami bisa bekerja dengan cepat, mungkin, menurut asumsi saya, pada Q3 atau Q4 kami dapat mendorong unit bus listrik pertama dijual di Indonesia,” nilainya.

Mercedes-Benz kini baru memiliki satu model bus listrik di pasar global yakni e-Citaro. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar