Mercedes-Benz Pamerkan Pick Up Pertamanya

Mobil Baru

Mercedes-Benz Pamerkan Pick Up Pertamanya

STOCKHOLM – Setelah menjadi pembicaraan, akhirnya Mercedes-Benz membuka selubung pick up pertama dalam sejarahnya.

Dengan nama X-Class Concept, mobil hasil racikan dengan basis Nissan Navara NP-300 ini tampil sangar. Mercedes-Benz X-Class diklaim sebagai perpaduan kendaraan off road dan jalanan yang dibungkus dalam bodi pick up truck.

Mercedes-Benz X-Class menawarkan kendaraan yang mampu menampung lima penumpang, namun memiliki kapasitas bak yang cukup luas. Mobil ini dengan mudah beradaptasi dengan kondisi jalanan berkat coil-spring suspension.

Konsumen juga dapat memilih mode penggerak roda belakang maupun 4X4. Kemampuan mendaki jalanan berbatu khas off road semakin mudah bagi X-Class karena menggunakan low range transfer case dan locking diferential.

Urusan mesin, Mercedes-Benz hanya membocorkan varian tertinggi mereka yang menggunakan dapur pacu diesel V6 dengan sistem 4Matic permanen all-wheel-drive. Guna mendukung kemampuan, Mercedes-Benz menyematkan perangkat electronic traction system, transfer case with reduction gear, ditambah lagi dua diferential locks.

Dibangun dengan rangka tipe tangga (Ladder), Mercedes-Benz X-Class tidak hanya mampu menarik bodi gambotnya. Namun pick up truck ini juga mampu dibebani muatan hingga 1,1 ton dan mengangkut bobot (towing) hingga 3,5 ton.

Mercedes-Benz X-Class baru akan dilepas di pasar Eropa pada akhir 2017. Sementara mobil ini akan diproduksi di pabrik Nissan di Barcelona. Dari pabrik tersebut, X-Class akan dipasarkan ke Eropa Australia dan Afrika Selatan.

Kerjasama antara Daimer dengan aliansi Renault-Nissan dianggap sebegai efisiensi untuk melakukan pengembangan terhadap pick up truk. Nissan yang sudah lebih berpengalaman dalam memasarkan kendaraan berjenis double cabin (sebutan di Indonesia), dianggap memberikan keuntungan bagi kedua pihak.

Hingga saat ini, Nissan masih menempati urutan kedua terbesar dalam hal manufaktur yang memproduksi mid-size pick up. Produsen asal Jepang ini sendiri telah berpengalaman lebih dari 80 tahun mengembangkan kendaraan jenis ini. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual