Mercedes-Benz EQV MPV Listrik Premium yang Pintar dan Senyap

Panduan Pembeli

Mercedes-Benz EQV MPV Listrik Premium yang Pintar dan Senyap

 

STUTTGART – Mercedes-Benz EQV menjadi MPV listrik premium yang pintar sehingga cocok digunakan sehari-hari. Kendaraan ini menjadi MPV premium pertama Mercedes-Benz yang sepenuhnya bertenaga listrik.

EQV merupakan perpaduan sempurna antara kemewahan khas dari V-Class dengan manfaat nir emisi yang membuatnya ramah pada lingkungan sekitar.

Dikatakan sebagai kendaraan pintar, karena Mercedes-Benz EQV menjadi ekosistem mobilitas listrik navigasi cerdas yang menggabungkan manajemen jangkauan aktif, serta layanan berbasis cloud. Pusat kontrol kendaraan terdapat pada sistem infotainment MBUX.

EQV menawarkan kenyamanan dalam kabin yang sama dengan V-Class. Hal ini berkat letak penyimpanan baterai yang berada di bawah dek. Sehingga ruang kabin sama besarnya dan kapasitas bagasi juga tidak ubahnya seperti versi bensin.
Mercedes-Benz EQV

Mercedes-Benz EQV merupakan kendaraan yang diproduksi di pabrik mereka di Vitoria, Spanyol. Tempat yang sama dengan produksi V-Class mereka yang terkenal dengan kemewahannya. Langkah ini dikatakan seiring dengan permintaan pelanggan.

Kemampuan kendaraan

Di balik fungsi kendaraan sebagai MPV (Multi Purpose Vehicle) nan serbaguna, EQV sendiri diklaim menyenangkan untuk dikendarai. Daya maksimum yang bisa disuguhkan kendaraan ini sebesar 204 hp. Namun kendaraan ini masih menyimpan daya tambahan sebesar 95 hp.

MPV bongsor ini tidak hanya nyaman dikendarai berkat penyaluran tenaga yang halus, layaknya kendaraan listrik murni kendaraan ini juga senyap. EQV meskipun memiliki bodi yang besar, namun tetap lincah karena memiliki gravitasi rendah. Adapun daya listriknya dipasok oleh baterai listrik lithium-ion berpendingin air dengan kapasitas hingga 90 kWh.

Guna mendukung pengendalian kendaraan yang nyaman, EQV menggunakan suspensi udara AIRMATIC yang memiliki pengaturan ketinggian secara otomatis. Artinya kendaraan akan bertambah ketinggiannya jika dibutuhkan, namun akan secara otomatis berkurang ketinggiannya saat kecepatan tinggi. Hal ini tentunya akan sangat dibutuhkan untuk meminimalisir daya tekan sehingga menghemat penggunaan baterai.

Mobil Listrik nan Cerdas

Seperti disebutkan di atas, EQV merupakan kendaraan listrik yang cerdas. Hal ini berkat teknologi sistem MBUX yang disajikan pada layar 10.25 inci dengan fungsi layar sentuh. Melalui aplikasi, konsumen bisa melakukan beberapa perintah pada kendaraan seperti mengoperasikan navigasi, charging setting, dan mendinginkan suhu sebelum berkendara.

Lebih jauh, konsumen bisa mengatur rencana perjalanan dengan EQV dengan mengatur banyak hal. Misalnya jika pemilik hendak melakukan pertemuan di dalam kendaraan, maka layout atau tata letak kendaraan dibuat laksana kantor berjalan.

Kendaraan ini juga bisa membaca data lalu lintas pada umumnya dan melakukan pemilihan rute, ramalan cuaca, topografi daerah, jarak tempuh dan ketersediaan pompa pengisian listrik yang tersedia di sepanjang perjalanan.
harga Mercedes-Benz EQV

Untuk mengendarai Mercedes-Benz EQV tersedia lima pilihan menu seperti di bawah ini :

  • D Auto : Mode ini secara dinamis beradaptasi dengan kondisi jalanan menggunakan bantuan data dari sistem keamanan, kamera dan navigasi untuk melakukan pengisian ulang baterai.
  • D + : Kendaran melaju tanpa melakukan pengisian ulang
  • D : Mode ini menggunakan efek deselerasi atau pada mobil konvensional seperti engine braking untuk melakukan pengisian ulang baterai.
  • D - : Pengisian ulang baterai pada mode ini dilakukan -1.5 m/s2
  • D - - : Motor listrik memberikan pengisian ulang baterai secara maksimal sehingga bisa dibilang one-pedal driving.

Adapun kendaraan ini menyediakan program berkendara yang bisa dipilih oleh konsumen sesuai kebutuhan.

  • C : Merupakan mode yang mengeluarkan tenaga full yakni 150 kW dan torsi 362 Nm dan menyesuaikan AC untuk memberikan performa.
  • E : Program berkendara ini hanya menyalurkan 100 kW namun tetap bisa 150 kW saat pedal diinjak penuh, namun maksimum torsi 293 Nm.
  • E+ : Program untuk perjalanan jauh sehingga power maksimum yang dihasilkan hanya 80 kW
  • S : Programi ini cocok untuk perjalanan yang membutuhkan akselerasi. [Dew/Idr]

Berikut data teknis Mercedes-Benz EQV

 

EQV 300 Long

EQV 300 Extra-long

Energy efficiency label

A+

A+

CO2 emissions

0 g/km

0 g/km

Power consumption combined

26.3 kWh/100 km

26.4 kWh/100 km

Range

418 km

417 km

Charging standard

CCS

CCS

Charge time at a wallbox or public charging station (AC up to 11 kW)

<10 h (0–100 %)

<10 h (0–100 %)

Charge time at a fast-charging station (DC up to 110 kW)

ca. 45 Min. (10–80 % SoC)

ca. 45 Min. (10–80 % SoC)

Charging voltage

400 V

400 V

Drive

Front-wheel drive

Front-wheel drive

Power (peak)

150 kW (204 hp)

150 kW (204 hp)

Power (sustained)

70 kW (95 hp)

70 kW (95 hp)

Max. torque

362 Nm

362 Nm

Top speed

140 km/h (standard)
160 km/h (option)

140 km/h (standard)

160 km/h (option)

High-voltage battery

Lithium-ion, water-cooled

Lithium-ion, water-cooled

Battery capacity (usable)

90 kWh

90 kWh

Battery capacity (installed)

100 kWh

100 kWh

Battery partner

CATL

CATL

Vehicle length

5,140 mm

5,370 mm

Wheelbase

3,200 mm

3,430 mm

Luggage space (max.)

1,030 litres

1,410 litres

Seats

6–8

6–8

Gross vehicle weight

3,500 kg

3,500 kg

 



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Video
Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia meluncurkan Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockfort Fosgate Black Edition yang tampil lebih ...

Komentar