Dua Model Ini Awali Sepak Terjang Mercedes-Benz di Pasar Mobil Listrik Indonesia

Mobil Baru

Dua Model Ini Awali Sepak Terjang Mercedes-Benz di Pasar Mobil Listrik Indonesia

JAKARTA – Mercedes-Benz mengawali sepak terjang di pasar mobil listrik Indonesia lewat dua model. Selain Mercedes-Benz EQE, ada pula Mercedes-Benz EQS.

EQE dan EQS meluncur di Indonesia pada Kamis (8/12/2022). President Director PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) Choi Duk Jun mengatakan hari tersebut menjadi hari bersejarah bagi perjalan jenama asal Jerman tersebut di Indonesia.

Soalnya, kedua model yang diluncurkan menjadi awal transformasi Mercedes-Benz untuk hanya menjual mobil listrik di seluruh dunia pada 2039, termasuk Indonesia.

“Visi kami adalah seluruh kendaraan yang bebas emisi pada 2039. Kami ingin sepenuhnya bebas karbon dioksida pada tahun itu di seluruh dunia. Target ini di Indonesia kami mulai dengan memperkenalkan dua model EQ," kata dia dalam seremoni peluncuran di Senayan, Jakarta.

Mercedes-Benz EQE

Menurutnya, Mercedes-Benz berhenti mengembangkan mobil bermesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) mulai 2025. Investasi untuk riset mobil listrik untuk pasar global juga bakal terus ditambah.

“Kami sudah menghabiskan 10 miliar euro untuk riset dan pengembangan model-model EQ (model-model mobil listrik Mercedes-Benz—Red). Kebijakan ini akan terus kami lanjutkan. Mulai tahun ini sampai 2026 mendatang, kami sudah menyiapkan dana riset dan pengembangan sebanyak 60 miliar euro lagi untuk model-model EQ di masa depan,” papar pria yang akrab disapa ‘Mr. DJ’ ini.

Mercedes-Benz EQS

Deputy Director Sales Operation and Product Management MBDI Hari Arifianto menerangkan bahwa EQE terdiri dari satu tipe yakni 350+ Electric Art Line. Adapun EQS dipasarkan dalam dua tipe, 450+ Electric Art Line serta 450+ AMG Line.

“EQS dan EQE sudah tersedia di diler-diler terpilih di jaringan Mercedes-Benz di seluruh Indonesia. EQS dijual dengan harga off the road Rp3,410 miliar untuk 450+ AMG Line, Rp2,984 miliar untuk 450+ Electric Art Line. Harga off the road EQE 350+ Electric Art Line Rp2,215 miliar off the road,” sebut dia.

Mayoritas diler terpilih itu, lanjut Hari, ada di Pulau Jawa. Khususnya area Jabodetabek.

“Tapi ada juga di daerah-daerah lain di luar Pulau Jawa,” tukas Hari. [Xan]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Download Aplikasi Mobil 123 di iOS atau Android untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar