Mercedes-Benz A-Class Sedan, Mobil Produksi Massal Paling Aerodinamis

Berita Otomotif

Mercedes-Benz A-Class Sedan, Mobil Produksi Massal Paling Aerodinamis

JAKARTA - Mercedes-Benz A-Class Sedan hadir dengan status mobil produksi massal paling aerodinamis sejagad.

A-Class, yang dahulu hanya tersedia dalam bentuk hatchback, kini memiliki versi sedannya. Peluncurannya di Indonesia sendiri sudah berlangsung pada 24 Oktober 2019 dengan harga off-the-road Rp 799 juta.

Satu prestasi dari sisi performa sudah diukir di awal kemunculannya. A-Class Sedan, yang hadir dalam varian A 200 Progressive Line, menjadi mobil produksi massal paling aerodinamis di dunia dengan tingkat hambatan udara (coefficient drag/Cd) 0,22 atau sama dengan rekor dunia Mercedes-Benz CLA Coupe.

Aerodinamikanya lebih baik dari A-Class hatchback yang 0,25. Penyempurnaan tersebut berpengaruh antara lain pada efisiensi konsumsi bahan bakar dalam kondisi berkendara sesungguhnya.

Sistem penggeraknya mengandalkan mesin 4-silinder, turbocharged berdaya 163 hp dan torsi 250 Nm. Dipadukan transmisi Dual Clutch 7G, konsumsi BBM gabungan mencapai 5,2 - 5,5 l/100 km dengan emisi gas buang gabungan 120 - 126 g/km.

Kekuatan Desain Eksterior
Eksterior A-Class Sedan dibangun dengan konsep desain Sensual Purity yang menimbulkan kesan ‘hot’ dan cool dalam waktu bersamaan. Kesan dinamis serta compact dihadirkan lewat proporsi overhang pendek di depan dan belakang.

Greenhouse terletak jauh di belakang dengan desain ruang belakang yang ringkas. Ukuran pelek cukup besar, 18 inchi, disertai fender menonjol.

Desain sisi depan tampil sangat progresif. Kesan ini juga bertambah dengan kap mesin yang rendah dan memanjang, lampu depan ramping dengan elemen krom, lampu mengemudi siang hari ditambah grille radiator louvre tunggal dengan bintang tiga sudut di tengah.

Bahu kendaraan yang kekar dan sensual dengan garis karakter memanjang tepat di bawahnya menekankan volume samping yang berkontur sempurna, dengan kedua kaca spion berada tepat pada beltline.

Interiornya sendiri digarap dengan tampilan modern, avant-garde, serta berkesan luas. Ambient Lighting dengan 64 warna menonjolkan kesan sebuah dashboard yang mengambang bebas. Warna-warna yang berbeda tersusun dalam sepuluh kumpulan warna yang memungkinkan tampilan pencahayaan avant-garde dengan perubahan warna spektakuler.

Dilengkapi Fitur Standar yang Canggih

Sistem infotainment A-Class Sedan sudah menggunakan sistem MBUX atau Mercedes-Benz User Experience terbaru yang kompatibel dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Tidak lupa, sistem voice command canggih ‘Hey Mercedes’ dihadirkan.

Fitur-fitur berteknologi tinggi lain juga disematkan. Ada Active Brake Assist plus Driving Assistance System yang termasuk Cruise Control serta Active Parking Assist with Parktronic dan kamera mundur.

Kenyamanan dihadirkan melalui kursi berpengaturan elektrik 4-way lumbar support dengan fungsi memori di baris depan, pengatur suhu otomatis Thermotronic, Advanced Sound System, maupun sandaran kursi belakang lipat Easy-Pack dengan split 40:20:40. [M123]



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support