Mercedes-Benz Akan Kurangi Line-up Modelnya di Amerika Serikat

Berita Otomotif

Mercedes-Benz Akan Kurangi Line-up Modelnya di Amerika Serikat

WASHINGTON D.C - Mercedes-Benz menganggap jumlah model yang mereka pasarkan di Amerika Serikat (AS) sudah terlalu banyak dan ingin menguranginya.

Mercedes-Benz, baru-baru ini bersiap mengurangi portofolio produk di AS. Mereka melihat rentang kendaraan yang ditawarkan sudah terlalu kompleks sehingga ingin berhenti menjual model, varian, trim level, sampai opsi mesin tertentu.

Rencana tersebut sudah diinformasikan kepada dealer-dealer di ‘Negeri Paman Sam’ dalam pertemuan nasional di Las Vegas, Nevada, pada 8 Mei kemarin. Mercedes sendiri belum menginformasikan mengenai detail model yang akan dipapas.

“Kita akan melihat kepergian beberapa model dalam 12 bulan ke depan. Dalam 90 hari ke depan, akan ada pengumuman-pengumuman tersebut,” kata seorang perwakilan dealer yang hadir dalam rapat tertutup di ‘Kota Judi’ itu.

Jumlah model Mercedes-Benz di salah satu pasar otomotif terbesar dunia itu hampir bertambah dua kali lipat dibandingkan pada 2000, menjadi 15 model. Bahkan, jika menghitung varian-varian mesin dan lain-lain, pabrikan asal Jerman ini sekarang menjual hampir 90 model.

Sebenarnya bukan cuma mereka merek mobil premium yang sangat ekspansif. Jumlah model BMW juga meningkat hampir dua kali lipat menjadi 15 model, sedangkan Audi malah melonjak hampir tiga kali lipat menjadi 14 model.

President of Global Forecasting LMC Automotive, Jeff Schuster, mengatakan bahwa merek-merek kendaraan mewah asal Jerman memang seolah ‘berlomba memperbanyak pilihan’ khususnya dalam beberapa tahun belakangan. Ini menimbulkan sisi negatif, baik dari sisi konsumen maupun pabrikan.

“Langkah ini sudah mencapai titik di mana mereka terlalu banyak menghabiskan usaha untuk mengorganisir kebingungan konsumen terhadap variasi model, logistik kendaraan, dan aktivitas manufaktur. Setiap model itu perlu dukungan pemasaran, edukasi level dealer, bahkan persiapan servis dan stok suku cadang,” nilai Schuster. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support