Menurut Pengetesan Daihatsu, All New Xenia Kuat Menanjak Meski FWD

Berita Otomotif

Menurut Pengetesan Daihatsu, All New Xenia Kuat Menanjak Meski FWD

https://www.mobil123.com/mobil-dijual/daihatsu/indonesia

TANGERANG – Daihatsu mengklaim All New Xenia masih kuat ‘melahap’ tanjakan meski pun kini menggunakan sistem penggerak roda depan (Front Wheel Drive/FWD).

All New Xenia meluncur pada hari pertama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, dengan harga on the road (OTR) Jakarta Rp190-244 juta-an. Pameran otomotif terbesar untuk region Asia Tenggara ini sendiri berlangsung pada 11-21 November kemarin di Serpong, Tangerang.

Sorotan pada All New Xenia maupun ‘saudaranya’ All New Toyota Avanza-Veloz—yang meluncur sehari lebih cepat—adalah perubahan pada sistem penggerak roda. Pada generasi kesatu dan kedua, yang dipakai adalah penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive/RWD), tapi kini model-model tersebut memiliki spesifikasi FWD.

“Meskipun kami ubah dari FR (Front Engine-Rear Wheel Drive) ke FF (Front Engine-Front Wheel Drive), kemampuan menanjak All New Xenia ini tetap bagus,” aku Research and Planning (R&D) Product Planning Division Head PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi dalam konferensi pers di sela-sela pameran.

Hal ini, lanjut dia, sudah Daihatsu tes di fasilitas yang dimiliki oleh R&D Center di Karawang, Jawa Barat.

“Kami punya 23 jenis jalan yang ada di Indonesia. Termasuk tanjakan. Tanjakan (kemiringan) 18 derajat itu kami punya. Kami coba,” tegas dia.

All New Daihatsu Xenia FWD

All New Xenia mereka tes dengan kondisi tujuh penumpang berbobot rata-rata masing-masing 65 kg. Ini masih ditambah lagi dengan barang bawaan seberat 50 kg.

“Kami memastikan di kondisi tanjakan, FF Xenia ini bisa menanjak tanpa rasa khawatir, stop and go…. Enggak ada masalah,” pungkas Anjar.

Radius Putar All New Xenia Paling Kecil

Anjar mengakui perhatian orang-orang pada mobil FWD, selain isu kemampuan di tanjakan, juga persoalan radius putar. Aspek ini, pada mobil FWD, lebih besar ketimbang mobil RWD.

All New Daihatsu Xenia FWD

Mereka pun merancang All New Xenia sedemikian rupa agar radius putarnya ‘hanya’ 4,9 meter. Angka ini memang lebih besar ketimbang Xenia dua generasi sebelumnya (4,7 meter), tapi masih tetap yang paling kecil di antara low multi purpose vehicle (LMPV) FWD lainnya.

“Kami masih 4,9 meter. Masih lebih baik daripada FF model lain. Paling kecil. Kalau enggak salah yang lain di atas 5 meter. Artinya, di kondisi u-turn, tidak ada isu,” ujar Anjar. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar