Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Menteri PUPR Targetkan Jalan Tol Cisumdawu Rampung Akhir Tahun 2021

Berita Otomotif

Menteri PUPR Targetkan Jalan Tol Cisumdawu Rampung Akhir Tahun 2021

BANDUNG – Pembangunan jalan tol Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) ditargetkan rampung seluruhnya di akhir 2021.

Dengan selesainya pembangunan maka jalan tol ini diharapkan bisa mendukung fungsi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Hal ini karena jalan tol sepanjang 60,10 km tersebut akan terhubung langsung dengan Jalan Tol Akses Bandara Kertajati.

Sayangnya hingga saat ini belum seluruh lahan berhasil dibebaskan. Untuk itu Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR pun meminta seluruh pihak untuk terus berkoordinasi dan berupaya keras guna mempercepat pembebasan lahan.

“Karena konstruksi hanya dapat berjalan cepat jika lahan sudah tersedia,” kata Menteri Basuki.

Untuk mempercepat pengadaan lahan, Kementerian PUPR melalui Satuan Kerja Pengadaan Tanah Jalan Tol Wilayah I, Ditjen Bina Marga terus meningkatkan koordinasi dengan instansi lain. Mulai dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Sumedang, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kepolisian Daerah, Kejaksaan Tinggi dan instansi terkait lainnya.

Menteri PUPR Targetkan Jalan Tol Cisumdawu Rampung Akhir Tahun 2021

Berdasarkan data untuk Seksi I Cileunyi - Rancakalong sepanjang 11,45 km konstruksinya mencapai 77,42% dengan progres lahan yang sudah dibebaskan mencapai 98,6%. Selanjutnya Seksi II Rancakalong - Sumedang sepanjang 17,05 km progres konstruksinya 91,99% dengan capaian lahan yang sudah bebas sebesar 96,11%.

Sementara untuk Seksi 3 dari Sumedang ke Cimalaka sepanjang 4,05 km konstruksinya telah rampung 100%. Seksi ini akan siap beroperasi dan hanya tinggal menunggu penyelesaian konstruksi seksi 1 dan 2.

Kemudian untuk pembangunan Seksi 4 Cimalaka - Legok sepanjang 8,20 km dan Seksi 5 Legok - Ujungjaya sepanjang 14,9 km saat ini telah dimulai mobilisasi alat dan pekerjaan site clearing. Progres lahan masing-masing 48,13% dan 42,87%. Selanjutnya Seksi 6 Ujungjaya - Dawuan sepanjang 6,06 km telah dimulai konstruksi pada Seksi 6A dengan progres 36,83% dan Seksi 6B sebesar 11,84%.

Bila seluruh jalan tol Cisumdawu telah bebas sepenuhnya dan terhubung dengan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati maka waktu tempuh dari Bandung akan berkurang. Bila saat ini diperlukan waktu 3 jam maka berkurang lebih dari setengahnya menjadi hanya 1 jam.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang