Menteri Perhubungan Akui Terlambat Atasi Kemacetan di H+2 Lebaran

Berita Otomotif

Menteri Perhubungan Akui Terlambat Atasi Kemacetan di H+2 Lebaran

JAKARTA – Kementerian Perhubungan mengakui bahwa pihaknya terlambat melakukan rekayasa lalu lintas khususnya pada H+2 Lebaran.

Terlambatnya keputusan tersebut menyebabkan terjadinya kemacetan panjang disejumlah titik di Jakarta dan TransJawa. Padahal, PT Jasa Marga sudah diberikan kebebasan untuk bekerjasama dengan pihak kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas.

“Antisipasinya sedikit terlambat. Saya sudah tugaskan PT Jasa Marga supaya diskresi itu cepat diambil. “Begitu ada kemacetan lebih dari 3 kilometer itu langsung contra flow 1 jalur, jika masih macet lagi akan menggunakan 2 jalur contra flow, jika masih macet lagi maka akan diberlakukan satu arah (one way),” ungkap Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan Republik Indonesia.

H+2 Lebaran umumnya memang dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan silaturahmi atau melakukan perjalanan ke beberapa destinasi wisata. Akibatnya, jumlah kendaraan di jalan pun akan meningkat jika dibandingkan dengan saat hari pertama Lebaran. 

Masih terkait rekayasa lalu lintas, Menhub mengaku pihaknya bersama Korlantas Polri masih memilih skema contra flow dan one way di ruas tol sebagai strategi mengantisipasi kemacetan pada masa arus balik beberapa hari lagi.

“Kita tetap konsisten melakukan one way 3 hari pada tanggal 7, 8, dan 9 Juni 2018 dan sampai KM 70 Tol Cikampek, dari KM 70 ke KM 29 ada satu 1 atau 2 contra flow itu kita lakukan, jadi kendaraan yang dari Jakarta ke Bandung masih tetap bisa lewat. One way dari brebes KM 263, KM 263 sampai KM 70, KM 70 sampai KM 29 contra flow, rencana dari pukul 12.00 WIB siang sampai pukul 24.00 WIB. Ini masih bisa berubah itu nanti tanyakan ke Korlantas” jelasnya.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support