Menteri BUMN Tinjau Tol Trans Jawa Pakai SUV Lexus

Berita Otomotif

Menteri BUMN Tinjau Tol Trans Jawa Pakai SUV Lexus

SURABAYA – Rini Soemarno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meninjau kesiapan Tol Trans Jawa dari Jawa Timur hingga Ibukota dengan menggunakan model sport utility vehicle (SUV) Lexus LX.

Rini, seperti dijelaskan dalam keterangan resmi Kementerian BUMN, memulai ekspedisi dari Surabaya hingga Telkom Landmark Tower, Jakarta melewati Tol Trans Jawa pada Senin (12/11/2018). Rini didampingi oleh jajaran Eselon I Kementerian BUM, Desi Arryani – Direktur Utama PT. Jasa Marga, I Gusti Ngurah Putra – Direktur Utama PT. Waskita Karya, serta sejumlah direksi BUM lain.

Perjalanan tersebut menempuh jarak sekitar 800 km. Adapun waktu perjalanan diperkirakan mencapai sekitar 16 jam, ditambah  istirahat plus meninjau sejumlah titik.

"Tol Trans Jawa adalah jalur yang dinantikan lebih dari 20 tahun, karena memang sudah dicanangkan sejak lama. Tol Trans Jawa mulai dari Merak sampai Surabaya harus bisa diresmikan pada Desember 2018, hingga kemudian tersambung sampai dengan Banyuwangi. Kalau kita bisa jalankan seluruh itu memang pertumbuhan ekonomi kita akan  meningkat. Saya berterima kasih sekali kepada Jasa Marga, Waskita Karya dan para BUMN Karya juga para kontraktor lainnya yang sudah bekerja keras," kata Rini sesaat sebelum memulai flag off Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa di Gerbang Tol Waru Gunung, Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, Senin (12/11).

Rini dan para pejabat BUMN menggunakan Lexus LX 570. SUV yang terkenal tangguh ini juga dimiliki salah satu politikus elit Indonesia sekaligus kandidat presiden dalam Pemilihan Umum 2019 yaitu Prabowo Subianto.

Penggunaan SUV yang menjadi salah satu koleksi Prabowo itu besar kemungkinan merupakan suatu kebetulan. Pasalnya, Prabowo merupakan satu-satunya penantang petahana Presiden Joko Widodo yang maju kembali dalam Pemilu tahun depan.

Fokus Peninjauan
Ada beberapa lokasi yang menjadi fokus dalam peninjauan Tol Trans Jawa. Di antaranya adalah Jembatan Kali Kuto, Jembatan Kali Kenteng dan Rest Area.

Rini menjelaskan tekoneksinya Pulau Jawa melalui Tol Trans Jawa bakal memberikan dampak positif bagi biaya logistik yang lebih murah karena akses lebih cepat plus efisien. Hal itu nantinya diikuti terbukanya lapangan kerja serta menggeliatnya perekonomian di daerah yang dilalui ruas Tol Trans Jawa.

"Dengan adanya jalan tol, lokasi-lokasi dekat pintu keluar masuk jalan tol pun tentu akan berkembang cepat sebagai kawasan bisnis, baik industri perdagangan, jasa keuangan dan perbankan dan sebagainya. Tol Trans Jawa juga akan meningkatkan pertumbuhan kawasan properti," ujar dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar