Menperin Usulkan Diskon PPnBM Mobil Baru Diperpanjang Lagi

Berita Otomotif

Menperin Usulkan Diskon PPnBM Mobil Baru Diperpanjang Lagi

JAKARTA – Kemungkinan perpanjangan diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) bagi mobil baru untuk yang kedua kalinya terbuka, setelah Kementerian Perindustrian mengajukan hal itu.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, di tengah Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI pada Rabu (25/8/2021) kemarin di Jakarta, membeberkan pihaknya sudah secara resmi mengusulkan perpanjangan insentif PPnBM bagi mobil baru rakitan dalam negeri.

“Ini, kalau wartawan dengar, silakan ditulis karena saya sudah tanda tangani surat pada Menteri Keuangan (Sri Mulyani) untuk mengusulkan perpanjangan program PPnBM Ditanggung Pemerintah,” tegas dia dalam RDP yang disiarkan via kanal YouTube Komisi VII DPR RI.

Menteri Keuangan Sri Mulyani

Sekadar mengingatkan, sejak Maret 2021 pemerintah memberikan insentif PPnBM 100 persen untuk menurunkan harga jual segmen mobil yang paling banyak dibeli konsumen Indonesia, yaitu 1.500 cc ke bawah. Dengan begitu, daya beli masyarakat terhadap kendaraan bermotor roda empat di tengah pandemi Covid-19 diharap meningkat, sehingga industri dapat lebih menggeliat.

Insentif PPnBM 100 persen bagi kendaraan rakitan lokal ini awalnya hanya berlaku sampai Mei. Akan tetapi, pemerintah berdasarkan usulan dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melalui Kementerian Perindustrian memperpanjangnya sampai Agustus.

Setelah itu, dari September sampai Desember, diskon PPnBM bagi mobil-mobil bermesin kecil direduksi jadi cuma 25 persen dari tarif normal.

Sebagai pelengkap, pemerintah juga memberikan diskon PPnBM 50 persen/25 persen untuk mobil rakitan dalam negeri bermesin 1.501-2.500 cc pada April-Agustus. Ini dilanjutkan dengan diskon PPnBM 25 persen/12,5 persen hingga Desember mendatang. 

Daihatsu Rocky dapat diskon PPnBM 100 persen pada 2021

Nahasnya, mulai Juli kemarin Indonesia diterpa gelombang kedua Covid-19. Limitasi mobilitas ketat bernama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pun dilakukan sejak awal bulan itu hingga detik ini.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, ketika diwawancarai Mobil123.com beberapa waktu lalu via telepon, mengakui kondisi tersebut mengganggu pasar. Tolok ukurnya adalah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang drop pada Juli, meski ada diskon PPnBM 100 persen.

Untungnya, kata Nangoi, penjualan retail (distribusi diler ke konsumen) Juli masih terbantu inden panjang konsumen yang memanfaatkan diskon PPnBM 100 persen dari bulan-bulan sebelumnya. Penurunan penjualan retail pun hanya 2,6 persen ketimbang Juni, menjadi 64.028 unit.

Total penjualan retail Januari-Juli 2021 masih naik 38,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy), menjadi 451.872 unit.

Nangoi menyatakan bahwa Gaikindo akan mencari waktu tepat untuk berbicara dengan pemerintah terkait kondisi industri otomotif.

Sebuah media massa arus utama, pada lain waktu, memberitakan keterangan Nangoi bahwa, Gaikindo mengusulkan perpanjangan diskon PPnBM 100 persen sampai akhir 2021.

diskon PPnBM 100 persen bantu penjualan mobil di dealer

Lebih lanjut, dalam RDP bersama Komisi VII kemarin, Menperin Agus juga menyinggung dampak positif diskon PPnBM terhadap industri otomotif.

“Ini program yang sangat-sangat berhasil menstimulus peningkatan penjualan mobil,” tegas dia.

Perpanjangan diskon PPnBM kedua kalinya ia sebut akan berdampak bagi tenaga kerja industri otomotif yang banyak jumlahnya.

“Kami punya detailnya, pimpinan-anggota Komisi VII yang terhormat, berkaitan dengan industri-industri pendukung di belakangnya. Banyak sekali. Itu di tier I, tier II, dan tier III belum juga IKM (Industri Kecil dan Menengah) yang terlibat (jumlahnya) luar biasa,” ucap dia.

Pada 2021, Gaikindo memproyeksikan penjualan mobil nasional minimal 750 ribu unit. Tahun lalu, pandemi Covid-19 membuat penjualan wholesales terjun bebas dari 1,032 juta unit menjadi 532.047 unit. Adapun penjualan retail drop dari 1,045 juta unit menjadi 578.762 unit [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar