Meninggalkan Botol Minum Plastik Berpotensi Sebabkan Mobil Terbakar

Panduan Pembeli

Meninggalkan Botol Minum Plastik Berpotensi Sebabkan Mobil Terbakar

TBILISI - Meninggalkan botol plastik ternyata di kendaraan yang sedang parkir di tempat ternyata dapat meningkatkan risiko kebakaran.

Hal ini karena plastik dan cairan dapat menciptakan sinar terfokus pada satu titik yang memicu kebakaran. Untuk itu, Bainbridge Public Safety Department Georgia meminta agar pengguna kendaraan selalu membawa botol plastiknya dari mobil yang diparkir. Bila itu terlalu merepotkan, setidaknya hindari meletakkan botol plastik di tempat yang terkena sinar matahari.

“Biasa dengan meletakkannya di bawah kursi atau menutupnya dengan handuk dan sebagainya. Langkah ini perlu karena dengan meninggalkan botol minum plastik dapat menyebabkan mobil terbakar habis,” tegas Julie Harris, Public Information Officer Bainbridge Public Safety.

Hingga saat ini memang tidak ada laporan terjadinya kebakaran mobil yang disebabkan karena botol plastik namun tetao saja potensi tersebut ada. Patut diingat bahwa botol air yang dibiarkan di bawah sinar matahari langsung dapat mencapai susu 121 derajat celcius sehingga resiko api cukup tinggi.

Tak hanya itu, meninggalkan botol air plastik di mobil yang panas juga sebenarnya berbahaya untuk kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa jumlah BPA (bisphenol-A) yang meresap ke dalam air akan lebih banyak bila botol plastik dibiarkan dijemur.

Kondisi tersebut akan merugikan tubuh dan menyebabkan konsumennya sakit. Patut diketahui bahwa BPA sering kali dikaitkan dengan infertilitas, diabetes tipe 2, obesitas, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, bila air sudah diminum sebagian kemudian botol dibiarkan di bawah sinar matahari maka bakteri dapat berkembang lebih cepat. Kondisi tersebut disebut cukup ideal bagi bakteri untuk meningkat jumlahnya sehingga bila sisa air tersebut dikonsumsi dapat menyebabkan sakit. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support