Mengurangi Kecepatan Dapat Selamatkan Nyawa

Panduan Pembeli

Mengurangi Kecepatan Dapat Selamatkan Nyawa

LONDON – Mengurangi kecepatan berkendara bisa menjadi menyelamatkan nyawa orang.

Dengan mengemudikan kendaraan dengan kecepatan yang sesuai aturan justru akan memberi banyak nilai tambah. Bahkan Federation Internationale de l'Automobile (FIA) menggelar kampanye tertajuk ‘Slowing down saves lives’ (Mengurangi kecepatan dapat menyelamatkan nyawa).

Untuk mendukung program tersebut, IAM RoadSmart sebuah lembaga keselamatan jalan di Inggris membagikan tips untuk masyarakat agar bisa berkendara lebih aman. Dan berikut adalah tips dari mereka.

  1. Tidak masalah untuk melambatkan kecepatan kendaraan untuk memberi waktu yang cukup agar dapat melakukan tindakan tepat. Perlu diingat bahwa batas kecepatan adalah batasan yang tidak boleh dilampaui dan bukan target untuk dicapai.
  2. Amati, antisipasi dan rencanakan setiap tindakan agar Anda serta orang di sekitar terhindar dari celaka.
  3. Perhatikan kondisi lingkungan sekitar. Mengemudi di malam hari, kondisi hujan atau berkabut mengharuskan Anda untuk mengubah kecepatan kendaraan. Meski rute yang diambil sudah dilalui setiap hari, namun tidak ada salahnya untuk selalu waspada.
  4. Tetap jaga jarak dengan kendaraan lain. Pastikan untuk memberi jarak sedikitnya tiga detik antara Anda dan kendaraan lain. Ketika kondisi hujan, tidak ada salahnya untuk menambah jarak agar lebih aman.
  5. Mempercepat laju kendaraan bisa disebabkan hilangnya konsentrasi. Untuk itu pastikan Anda untuk terus berkonsentrasi ke jalan, bukan ke hal lain. Namun bila Anda sengaja mempercepat laju kendaraan hingga melewati batas kecepatan, itu dapat membahayakan diri dan orang lain. Kelola waktu Anda agar tidak terburu-buru menuju lokasi tujuan.
  6. Jangan pernah tertekan oleh penumpang yang meminta Anda untuk mengemudi secepat-cepatnya. Ini adalah sebuah pengaruh buruk yang dapat membahayakan keselamatan berkendara Anda dan penumpang.
  7. Pastikan agar kondisi kendaraan tetap baik. Sebelum berkendara, tidak ada salahnya untuk memeriksa semua komponen termasuk oli dan sebagainya agar perjalanan tidak terganggu.
  8. Meski sudah merasa bisa mengemudi, namun tidak ada salahnya untuk tetap belajar mengemudi. Dengan demikian, pengetahuan Anda akan terus berkembang sepanjang waktu.

“Dengan pengamatan dan perencanaan yang baik, Anda dapat mempersingkat waktu perjalanan tanpa harus mengemudi melebihi batas kecepatan. Selain itu, bahan bakar yang terbuang akan lebih sedikit ketimbang terus menerus mempercepat kendaraan,” tutur Richard Gladman, Head of Driving and Riding Standards IAM RoadSmart. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual