Menghitung Kemampuan Jelajah Suzuki Jimny 2017 di Medan Off Road

Review

Menghitung Kemampuan Jelajah Suzuki Jimny 2017 di Medan Off Road

JAKARTA - Sepertinya dari hasil hitung-hitungan Mobil123, Suzuki Jimny 2017 memiliki kemampuan yang cukup memadai untuk bermain di medan off road.

Suzuki Jimny merupakan salah satu legenda hidup di dunia otomotif nasional. Generasi 60-90an sepertinya banyak yang memiliki kenangan nostalgia pada jip imut lansiran Suzuki ini.

Beberapa waktu Mobil123.com berkesempatan untuk mencobanya. Sayangnya dengan keterbatasan waktu dan tempat, Suzuki Jimny yang diuji hanya melewati jalan-jalan utama di seputar SCBD lanjut ke daerah pasar minggu.

Baca juga : Hasil Test Drive Singkat Suzuki Jimny 2017

Lalu bagaimana dengan kemampuannya di medan offroad ?

Mobil123.com coba mereka-reka seberapa tangguh Suzuki Jimny 2017 di medan offroad. Dan karena PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyediakan varian bertrasmisi otomatis (A/T), jadi kami lakukan penghitungan sesuai dengan unit yang diuji. Untuk diketahui, Suzuki Jimny 2017 A/T sendiri dilengkapi dengan mesin M13A bertenaga 83 hp pada 6.000 rpm serta torsi 110 Nm di putaran 4.100 rpm. Dan menggunakan ban untuk jalan raya berukuran 205/70 R15. 

Modal penggerak 4x4 plus transfer case berasio low gear saja tidak cukup untuk bisa bermain di medan offroad dengan mantap. Salah satu faktor kunci lainnya adalah sejauh mana kemampuan merayap dari Suzuki Jimny 2017 atau yang biasa disebut nilai crawl ratio. Semakin besar nilai yang dihasilkan maka semakin besar pula torsi yang akan mengalir ke masing-masing roda terutama pada putaran rendah.

Kemampuan merayap pada putran rendah tentunya akan memberi keuntungan saat melintasi atau melewati obstacle atau rintangan berat. Contohnya seperti permukaan jalan licin berlumpur, tanjakan, merayap bebatuan hingga kemampuan menarik beban. Kemampuan merayap pada kecepatan rendah tentunya membuat pengemudi dapat dengan mudah melakukan pengendalian mobil.   

Menghitung besar crawl ratio sangat sederhana. Anda bisa melakukannya sendiri dengan syarat memiliki data spesifikasi yang cukup, selain besaran tenaga dan torsi mesin, dibutuhkan besaran rasio gigi ke-1, ratio transfer case serta rasio final gear difernsial kemudian dikalikan. 

Mari kita hitung sama-sama.
Suzuki Jimny 2017 memiliki rasio gigi ke-1 2.875, ratio transfer case (low) 2.643 dan rasio final gear diferensial 4.090. Jika dikalikan ketiganya maka didapat hasil 31:1. Hasil ini juga bisa disebut sebagai kompensasi agar tarikan bawah mesin bisa lumayan terisi mengingat tingginya rpm pada raihan tenaga dan torsi maksimal

Dari hasil crawl ratio ini juga bisa dihitung berapa putaran roda permenit, dimana semakin sedikit roda berputar maka punya keuntungan untuk menghindari spin di lintasan licin atau berlumpur.

Jumlah putaran roda per menit ini bisa hitung dari rpm pada torsi maksimal (4.100 rpm) dibagi crawl ratio (31) didapat hasil 132 putaran per menit. 

Dan yang tak kalah penting untuk menghitung berapa torsi yang dialirkan ke masing-masing roda saat berada dalam kondisi torsi maksimal. Didapat angka 852.5 Nm dari perhitungan torsi maksimal x crawl ratio dibagi 4 roda.

Dari hasil ini boleh dibilang Suzuki Jimny 2017 A/T memiliki kemampuan offroad yang tergolong baik. Sebagai informasi angka crawl ratio 30:1 adalah ambang batas aman untuk mobil bertransmisi otomatis, jadi hasil yang didapat Suzuki Jimny 2017 tergolong baik. Sementara untuk transmisi manual memiliki ambang batas aman 40:1.

Hanya saja untuk kepastiannya kita harus benar-benar membawa Suzuki Jimny 2017 ke medan offroad sebenarnya. Karena ada satu faktor lagi yang membuat mobil ini dapat bergerak dengan baik pada lintasan non aspal yakni sejauh apa program ECU yang dimiliki.

Jika dalam kondisi standar tentunya pabrikan memiliki seting dengan toleransi terbaik terutama saat mobil ini digunakan di jalan aspal atau penggunaan sehari-hari. Ini karena berhubungan langsung dari durability terutama untuk menjaga kondisi gearbox.

Pendeknya, Suzuki Jimny 2017 mempunyai kemampuan yang cukup baik untuk Anda gunakan untuk bermain di medan offroad di waktu senggang. Mungkin akan lebih menarik jika mobil ini telah dilengkapi dengan ban yang sesuai untuk bermain-main di trek tanah, batu dan lumpur.

Intinya, jangan biarkan Suzuki Jimny 2017 hanya bermain di aspal halus atau teman hangout di cafe kesayangan Anda, sesekali bawalah ke habitat aslinya untuk menikmati ketangguhannya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual