Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mengenal Yamaha E01, Motor Listrik Mirip Nmax yang Segera Jalani Tes Pasar

Berita Otomotif

Mengenal Yamaha E01, Motor Listrik Mirip Nmax yang Segera Jalani Tes Pasar

JAKARTA - Yamaha E01 akan menjadi motor listrik kedua dari merek tersebut yang menjalani tes pasar di Indonesia.

E01, menurut keterangan resmi Yamaha beberapa waktu lalu, menjalani debut global dalam Tokyo Motor Show (TMS) 2019.

Skutik yang desainnya mengingatkan pada Yamaha Nmax tersebut kemudian tampil perdana di Tanah Air dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 yang baru berakhir 10 April kemarin di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

President Director and CEO PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Minoru Morimoto menjelaskan pihaknya belum menjual motor listrik E01. Merek berlambang garpu tala ini akan melakukan tes pasar terlebih dahulu mulai semester kedua 2022.

Nantinya, ada 20 unit yang dijajal dalam program tersebut.

motor listrik Yamaha E01 mirip Nmax

”Yamaha Indonesia secara resmi mengumumkan untuk melakukan test market terhadap E01 di jalanan umum di Indonesia untuk melihat kemampuannya beradaptasi serta mengumpulkan masukan dari konsumen secara langsung. Ini adalah "Proof of Concept" untuk menjawab tantangan EV Yamaha di Indonesia ke depan,” papar dia.

Sekadar informasi, pada 2017, Yamaha sudah terlebih dahulu melakukan tes pasar pada motor listrik e-Vino.

Spesifikasi Motor Listrik Yamaha E01

E01 disebut mempunyai seluruh fungsi yang diharapkan dari sebuah skutik kelas 125 cc. Penggunaannya sendiri untuk mobilitas jarak pendek, dengan kemampuan tempuh 104 km dalam kondisi baterai terisi penuh berdasarkan pengetesan di Jepang dan kecepatan konstan 60 km per jam.

E01 mengadopsi fixed battery dengan tiga tipe sistem pengecasan untuk baterai jenis lithium-ion 4,9 kWh yang terdapat di dalamnya.

motor listrik Yamaha E01

Normal charging memakan waktu maksimal 5 jam dengan daya 200-240 V (kapasitas baterai 0-100 persen), sedangkan fast charging memakan waktu sekitar satu jam (0-90 persen).

Adapun portable charging membutuhkan waktu paling lama 14 jam dengan daya 100-240 V (0-100 persen).

Yamaha menyebutkan mode berkendara Power, Standard, serta Eco pada ‘kuda besi’ nihil emisi gas buang ini. Setiap mode memengaruhi gelontoran daya maupun torsinya.

Bicara fitur, E01 diberkahi antara lain oleh Dual Channel ABS, Dual Rear Suspension, Traction Control System, juga Belt Drive, Regenerative Brakes, Digital Speedometer, Smartkey, Reverse Mode.

Terdapat pula teknologi konektivitas khas Yamaha yaitu Y-Connect pada motor listrik E01. [Xan/Ses]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang