Mengenal Water Repellent, Senjata Rahasia Pengemudi Saat Musim Hujan

Panduan Pembeli

Mengenal Water Repellent, Senjata Rahasia Pengemudi Saat Musim Hujan

JAKARTA – Sudah menjadi sebuah kegiatan umum melakukan persiapan lebih ketat pada kendaraan ketika musim penghujan datang.

Umumnya, hal yang paling mendapatkan perhatian adalah kondisi wiper, karena sangat menentukan jarak pandang ketika hujan.

Namun, masih banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk memastikan kondisi mobil lebih optimal. Salah satunya adalah dengan menggunakan water repellent pada beberapa titik seperti kaca depan atau spion mobil agar pandangan tidak terganggu.

Water repellent adalah cairan yang bisa memberikan efek daun talas, sehingga air tidak menempel pada permukaan kaca dan langsung mengalir ke bawah.

Bila water repellent ini diaplikasikan pada kaca depan mobil maka akan memberi keuntungan karena wiper dapat bekerja lebih optimal.

Water Repellent

Kelebihan lain menggunakan water repellent, selain membuat air tidak menempel, juga dapat membuat eksterior lebih mengkilap dan kinclong. Selain itu juga dapat menghambat pertumbuhan jamur pada cat dan kaca mobil.

Untuk mengaplikasikan water repellent, pemilik kendaraan cukup melakukan beberapa tahap pengerjaan.

Langkah pertama adalah dengan mencuci mobil sampai benar-benar bersih dan tidak ada kotoran yang menempel pada kaca dan bodi mobil.

Setelah itu, keringkan mobil hingga tidak ada lagi sisa air. Hal ini bertujuan untuk memastikan water repellent dapat menempel dengan sempurna pada permukaan mobil.

Selanjutnya adalah dengan menyiapkan water repellent dan dua kain lap microfiber. Kemudian, berikan salah satu lap tersebut cairan water repellent dan oleskan pada kaca serta bodi mobil secara merata.

Water Repellent

Setelah itu, diamkan mobil hingga kandungan water repellent menempel dengan sempurna ke kaca dan bodi mobil. Lalu gunakan kain lap microfiber kedua untuk mengeringkan seluruh permukaan bodi dan kaca mobil.

Meski terkesan mudah, pengaplikasian ini sebenarnya membutuhkan ketelitian dan ketekunan dari orang yang mengerjakannya. Pasalnya bila kurang teliti maka pengaplikasian water repellent ini justru tidak merata, sehingga hasilnya tak maksimal.

Bila merasa ragu dengan kemampuan sendiri, maka tidak ada salahnya untuk menyerahkan kepada mereka yang sudah lebih berpengalaman.

Meski akan mengeluarkan dana lebih, setidaknya hasil pengerjaan akan lebih memuaskan. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar