Mengenal Jenis-jenis APAR yang Cocok Ditempatkan di Mobil

Panduan Pembeli

Mengenal Jenis-jenis APAR yang Cocok Ditempatkan di Mobil

JAKARTA – Sejak awal 2021, seluruh mobil kekuaran terbaru harus dilengkapi dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sebagai perangkat keselamatan tambahan.

Meski aturan tersebut hanya diperuntukkan bagi mobil baru, tapi tak ada salahnya pemilik kendaraan lama juga memiliki APAR.

Tentunya, pemilik kendaraan harus membeli dengan koceknya sendiri.

Namun untuk membeli APAR sendiri terbilang susah-susah gampang. Pasalnya ada beragam jenis APAR yang beredar di pasaran dan belum tentu cocok ditempatkan di mobil.

Untuk memudahkan Anda, berikut adalah beberapa jenis APAR yang cocok ditempatkan di mobil.

APAR Jenis Air

Jenis APAR air merupakan yang paling terjangkau ketimbang jenis APAR lainnya. Namun tentunya ada beberapa kelemahan dari APAR ini perlu Anda ketahui.

APAR jenis air hanya bisa digunakan untuk memadamkan bahan yang padat seperti kertas, plastik karet, dan sebagainya selain logam.

Mengenal Jenis-jenis APAR untuk di Mobil

APAR Jenis Bubuk Kimia

Ini adalah jenis APAR yang paling cocok untuk mengatasi kebakaran akibat masalah kelistrikan.

APAR jenis ini memiliki bubuk kimia yang mengandung unsur mono amonium dan amonium sulfat dan dapat memadamkan api dengan cukup cepat.

APAR Jenis Karbon Dioksida

APAR jenis karbon dioksida paling cocok digunakan oleh pemilik mobil pribadi. Pasalnya APAR jenis ini mampu memadamkan kebakaran yang disebabkan oleh beragam hal. Mulai dari kelistrikan, cairan serta kertas.

Mengenal Jenis-jenis APAR untuk di Mobil

APAR Jenis Busa

Ada pula APAR jenis busa yang dapat digunakan untuk memadamkan kebakaran karena benda padat selain logam.

Benda padat yang dimaksud seperti kertas, karet, plastik, minyak, alkohol, dan sebagainya. APAR jenis busa ini cocok digunakan untuk kebakaran kelas A dan B.

Cara Mematikan Api dengan APAR

Saat mobil terbakar sebaiknya Anda tidak panik. Segera matikan mesin dan keluar dari mobil, lalu menuju sumber api dari kebakaran tersebut sambil membawa APAR.

Jika ternyata api pertama muncul dari daerah mesin, maka saat membuka kap pastikan Anda tidak berada di depannya, karena api bisa langsung menyambar. Untuk itu siapkan diri dengan APAR di samping kendaraan dan langsung arahkan APAR ke sumber api. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar