Mengenal Fungsi Thermostat Mesin Motor

Berita Otomotif

Mengenal Fungsi Thermostat Mesin Motor

JAKARTA – Thermostat memiliki tugas penting pada mesin motor yang telah menggunakan radiator. Banyak motor menggunakan radiator sehingga terdapat thermostat. Namun ada beberapa pengguna sepedamotor di Indonesia yang belum mengetahui fungsi dari thermostat.

Thermostat adalah salah satu jenis komponen mesin yang termasuk dalam sistem pendingin. Fungsinya adalah untuk mengatur cairan pendingin yang ada pada mesin motor. Sebagai sistem pendingin, fungsi thermostat mampu mencegah overheat karena mampu menjaga kestabilan suhu mesin.

Ukuran thermostat yang kecil ternyata mampu memberikan dampak yang cukup besar pada kendaraan kesayangan Anda. Oleh sebab itu, keberadaan fungsi komponen tersebut sangat penting akan menyebabkan dampak buruk apabila dilepas dari mesin.
thermostat motor

Pada dasarnya, cara kerja dari thermostat adalah dengan mengikuti komponen lain yang ada pada sistem pendingin kendaraan. Awalnya, water pump akan memompa air agar mengarah ke mesin. Setelah dipompa, air akan melalui water jacket atau aliran air yang mengelilingi mesin. Air pendingin tersebut yang akan membuat suhu panas pada mesin keluar melalui selang hingga masuk pada radiator.

Jika suhu pada mesin telah mencapai 85 hingga 90 derajat celcius, maka katup thermostat akan membuka. Setelah suhu pada mesin mulai menurun, katup thermostat akan kembali menutup. Katup thermostat akan membuka dan menutup secara otomatis tanpa perlu dikendalikan.

Untuk merawat thermostat, konsumen harus membuka saluran engine yang mengarah ke bagian radiator. Saluran engine yang dibuka akan membuat sirkulasi cairan pendingin menjadi lancar dan stabil. Pemilik kendaraan harus memastikan bahwa cairan pendingin yang masuk pada radiator tersebut bisa didinginkan. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar