Mengenal Car and Crowd Free Night pada Malam Tahun Baru 2021 di Jakarta

Berita Otomotif

Mengenal Car and Crowd Free Night pada Malam Tahun Baru 2021 di Jakarta

JAKARTA – Jika biasanya di malam tahun baru Pemerintah DKI Jakarta menggelar Car Free Night, maka kali ini akan menjadi sangat berbeda bila dibandingkan sebelumnya.

Acara Car Free Night diganti menjadi Car and crowd free night dan akan diberlakukan di Jakarta pada malam tahun baru, 31 Desember 2020. Dalam pemberlakuannya, mobil dan motor akan dilarang memasuki kawasan Sudirman-Thamrin dan Kanal Banjir Timur (KBT).

“Pelaksanaan car dan crowd free night dilaksanakan mulai pukul 20.00-03.00 WIB. Yang dimaksud car free night, jalan Sudirman-Thamrin tidak boleh dimasuki kendaraan dan sepeda motor maupun roda empat. Tidak boleh dilalui pejalan kaki, pesepeda, dan sebagainya.” jelas Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Dirlantas Polda Metro Jaya.

Ia pun menambahkan bahwa pihaknya akan melakukan patroli berskala besar di titik-titik yang berpotensi menjadi tempat orang berkerumun. Siapa pun yang membentuk kerumunan akan dibubarkan.

Malam Tahun baru
“Yang selama ini menjadi tradisional pelaksanaan tahun baru biasa berkerumun akan ada pengendalian ketat. Dalam arti, ada patroli skala besar yang akan membubarkan kerumunan,” tegas Sambodo.

Bagi warga yang kedapatan masih berkerumun selama pelaksanaan car dan crowd free night juga akan dilakukan rapid test oleh tim gabungan, yang terdiri dari personel Polri, TNI, dan Pemprov DKI.

“Kalau di jalan sekitarnya termasuk Kemang, Pasar Baru, Kelapa Gading, masih ada kerumunan, TNI-Polri dan pemda akan membubarkan kerumunan. Dan akan melakukan rapid test kepada yang mencoba berkerumun,” tutupnya.

Langkah yang dilakukan oleh pihak Kepolisian ini terpaksa dilakukan karena masih tingginya angka penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Malam tahun baru dinilai berpotensi akan dimanfaatkan masyarakat untuk berkerumun dan berisiko meningkatkan angka penularan.

Hingga berita ini dibuat, sedikitnya sudah ada 735.124 kasus Covid-19 di Indonesia. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 8.002 kasus bila dibandingkan dengan hari sebelumnya. Dari jumlah tersebut ada 603.741 orang dinyatakan sembuh atau meningkat 6.958 orang. Jumlah penderita Covid-19 yang meninggal pun bertambah sebanyak 241 orang atau setara 21.944 orang. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar