Mendag: Dorong Industri Otomotif Indonesia

Berita Otomotif

Mendag: Dorong Industri Otomotif Indonesia

IIMS 2014 - Indonesia International Motor Show 2014 resmi dibuka oleh Menteri Perdagangan M Lutfi beserta pelaku industri otomotif di Indonesia. Ajang tersebut diharapkan bisa mengharumkan industri otomotif Indonesia di mata dunia.

Produsen-produsen otomotif yang produksi mobil mereka di Indonesia pun diharapkan terus mendorong industri otomotif di Tanah Air.

"Kepuasan ada ketika kita berhasil mendatangkan nilai tambah ke Indonesia. Dan dengan acara IIMS 2014 akan menjadi penting di regional. Forum ini penting untuk industri otomotif 5 tahun ke depan dan menjadi forum dunia 10 tahun yang akan datang. Kita harus dorong industri otomotif Indonesia," kata Lutfi.

Menurutnya Indonesia masih punya potensi besar untuk mengembangkan industri otomotif. Bila dilihat Pada 2006, penjualan mobil Indonesia hanya 318 ribu unit. Angka itu lalu naik menjadi 433 ribu unit di 2007, kemudian naik lagi menjadi 603 ribu unit di 2008.

Namun, penjualan mobil pada 2009 sempat drop ke angka 483 ribu unit karena krisi finansial global. Lutfi pun berkeluh kesah saat itu. Dia menyesalkan hal buruk tersebut berimbas ke Indonesia, bahkan sampai kehilangan investasi.

"Indonesia pada 2009 konsumsinya menjadi 480 ribu unit. Saya mendapat surat dari Carlos Ghosn. Dia minta maaf, kita tidak bisa meneruskan investasinya ke Indonesia," ucap Lutfi menirukan ucapan orang nomor satu di Nissan itu.

"Saat itu saya terpukul. Apa yang salah. Padahal kita bagus untuk perubahan otomotif," imbuhnya.

Tapi kini lanjut Lutfi keadaan sudah membaik, bahkan banyak produsen mobil menambah investasi mereka di Indonesia. "Kini investasi semakin bagus, Toyota, Daihatsu Suzuki. Dan saat ini kapasitas Daihatsu 2 kali lebih besar. Toyota lebih dari double. Mitsubishi US$ 600 juta. Indonesia next base think," tutupnya. [Ikh/Idr]



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual