'Mencolek' Abarth 595 Turismo Convertible

Review

'Mencolek' Abarth 595 Turismo Convertible

TANGERANG SELATAN – Jika kita mendengan nama “ABARTH” pasti kita menghubungkannya ke Fiat. Ya, Abarth merupakan salah satu anak perusahaan Fiat Chrysler Automobiles (FCA).

Perusahaan berlogo Kalajengking ini berspesialisasi modifikasi performa mobil-mobil dari FCA. Saat ini Abarth menjual 595 Turismo, 595, 595 Competizione, 695 Biposto, di mana semuanya berbasis Fiat 500.

Abarth didirikan oleh seorang pembalap Carlo Abarth pada 1949, sementara logo "Kalajengking" diambil dari zodiaknya.  

Di Indonesia, Abarth telah ada sekitar 2 tahun. Dan, kemarin (31/5), MOBIL123.COM berkesempatan mengencani Abarth 595 Turismo Convertible (Cabriolet) di dalam kawasan Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

Mobil ‘kutu’ ini dipersenjatai dengan mesin T-Jet 4-silinder1.4-liter turbo bertenaga 160 hp pada 5500 rpm dan bertorsi 230 Nm pada 3000 rpm, serta Manual Transmission Automatized 5-speed.

Khusus mengenai transmisi, memang unik, karena tidak ada tuas transmisi seperti mobil-mobil lain. Di bagian center console, Anda akan disajikan tombol A/M, 1, R, dan N.

“Jika bapak ingin mengendarainya secara Manual atau Automatic, tinggal tekan “A/M” lalu tekan “1”. Jika Anda memilih manual maka ada paddle shifter untuk memindahkan gear,” terang Fahriza Agam, sales person Abarth Indonesia, yang menemani kami.

Abarth 595 Turismo Convertible pun berjalan dengan mode Automatic sejauh beberapa ratus kilometer. Tak puas dengan itu, saya menekan tombol A/M untuk memilih mode manual, dan pedal gas saya tekan dan paddle shifter dimainkan, barulah terasa sentakan-demi-sentakan.

Tapi jika Anda ingin tenaganya lebih buas, pencet saja tombol turbonya. Seketika, kepala Anda tertarik ke belakang.

Kekaguman saya merebak setelah merasakan lembutnya suspensi Abarth 595 Turismo Convertible (depan Machperson strut dengan anti-roll bar dan belakang twist axle dengan anti-roll bar) . Awalnya, saya mengira akan keras seperti mobil-mobil berkarakter sporty. 

“Wah kalau bapak naik Abarth 695 Tributo Ferrari akan terasa keras suspensinya karena memang untuk mengimbangi tenaganya yang lebih besar (180 hp),” kata Agam.

Yang menarik lagi, kita dapat mengendarai 595 Turismo Cabrio dengan atap terbuka. Jok-kulit terasa nyaman dan mudah diatur untuk mendapatkan posisi berkendara yang tepat.

Untuk mendapatkan Abarth 595 Turismo Convertible, Anda harus merogoh dompet sekitar Rp 600 jutaan. [Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support