Menanti Lahirnya Aprilia Tuareg 660 Buat Sang Penjelajah

Berita Otomotif

Menanti Lahirnya Aprilia Tuareg 660 Buat Sang Penjelajah

JAKARTA – Aprilia akhirnya menampilkan wujud utuh calon produk terbarunya, yakni Tuareg 660 pada laman resminya. Motor ini diprediksi akan menantang Yamaha Tenere 700.

Aprilia yang berada di bawah naungan Piaggio Group semakin serius untuk menggarap pasar sepeda motor kelas menengah. Setelah meluncurkan RS 660 dengan tampilan mirip RSV4 dan Tuono 660 untuk versi telanjangnya, kini mereka meminjam basis mesin yang sama untuk sebuah kendaraan penjelajah andal.

Aprilia Tuareg bukanlah nama baru di antara para kuda besi penggaruk tanah. Motor ini pertama kalinya lahir pada era 80-an hingga 90-an dengan mesin 50 cc.

Motor yang masuk ke dalam kategori Road Desert ini diciptakan khusus untuk gelaran Paris Dakar. Pada era tersebut motor dakar mungkin tidak membutuhkan daya yang terlalu besar seperti saat ini.

Tuareg memiliki ciri khas yakni dimensi yang ramping dan tentunya fender tinggi layaknya motor petualang pada umumnya. Fender tinggi guna mengimbangi suspensi depan yang memiliki jarak travel super panjang.
Aprilia Tuareg Sketsa

Kedatangan motor penjelajah asal Italia ini sebenarnya sudah tercium sejak jauh-jauh hari. Seorang seniman asal Eropa pada 2019 sempat membuat sketsa motor ini.

Lalu pada EICMA 2019, Aprila sempat menyembunyikan sebuah motor di dalam akuarium penuh pepohonan. Motor tersebut diduga banyak orang merupakan generasi terbaru Tuareg.

Motor penjelajah ini juga sempat hadir dalam bidikan kamera spyshoot beberapa waktu lalu.
Aprilia Tuareg EICMA 2019

Memasuki paruh kedua 2021, Aprilia akhirnya menampilkan wujud terkini Tuareg 660 dalam laman resminya. Motor ini tampak sangat modern dengan lampu sipitnya dan teknologi terkini yang disematkan.

Aprila Tuareg menggunakan mesin 660 cc parallel-twin yang sama dengan Tuono 660 dan RS 660. Besaran tenaga motor ini 80 hp dengan torsi puncak 70 Nm, data ini masih lebih tinggi daripada pesaingnya, yakni Tenere yang bertenaga 72 hp.

Kendaraan roda dua ini menggunakan rangka atau sasis baja turbular yang disandingkan dengan braket alumunium.

Untuk memberikan pengalaman berkendara yang mengesankan, motor ini memiliki empat mode berkendara dengan satu mode khusus untuk melintasi jalur tanah.

Pihak pabrikan asal Italia ini juga menyematkan perangkat APRC (Aprilia Performance Ride Control).

Hingga saat ini belum diketahui kapan Aprilia akan memasarkan Tuareg 660 dan berapa banderolnya. [Dew/Ses]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar