Sebelum Beli Mobil Diesel Bekas, Cermati Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Mobil Bekas

Sebelum Beli Mobil Diesel Bekas, Cermati Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Kini mesin diesel sudah semakin canggih, dengan hadirnya teknologi turbo, commonrail atau teknologi lainnya. Lantas, seperti apa kelebihan dan kekurangan mesin diesel.

JAKARTA - Mobil dengan mesin diesel saat ini banyak sekali dipasarkan oleh produsen otomotif di Indonesia. Beberapa ditawarkan dalam segmen SUV, MPV, dan mobil niaga pun tersedia dengan mesin diesel. 

Di Indonesia, mesin diesel sangat banyak sekali peminatnya. Hal itu karena banyak pengguna mobil inginkan suatu mobil dengan torsi besar di putaran bawah, serta irit bahan bakar.
Terlebih kondisi jalanan di Indonesia banyak medan tanjakan atau kondisi jalan yang kurang baik.

Sementara untuk kebutuhan kendaraan niaga, mobil diesel dinilai mampu membawa beban berat, sekaligus perawatannya yang mudah dan murah. 

Kini mesin diesel sudah semakin canggih, dengan hadirnya teknologi turbo, commonrail atau teknologi lainnya. Lantas, seperti apa kelebihan dan kekurangan mesin diesel?

Sebelum mempertimbangkan untuk membeli mobil bermesin diesel, cek dulu informasi terkait mesin diesel yang dirangkum oleh tim redaksi Mobil123 berikut ini.

Kelebihan Mesin Diesel 

Bahan Bakar Paling Efisien


Mesin diesel dikenal sebagai mesin paling irit BBM. Karena mereka tidak gunakan busi sebagai sistem pembakaran melainkan manfaatkan kompresi tinggi untuk membakar solar yang disemprotkan oleh injektor bertekanan tinggi. Selain itu, bahan bakar solar juga tidak mudah terbakar seperti bensin, otomatis butuh waktu lebih lama daripada bahan bakar bensin. Hal tersebut, membuat mesin diesel jarak tempuhnya lebih panjang daripada mesin bensin dengan kapasitas mesin yang sama. 

Torsi Besar di Putaran Bawah


Kelebihan dari mesin diesel adalah torsi besar di putaran rpm rendah. Dengan kelebihan ini, kita sudah dapat torsi maksimal yang bisa digunakan untuk membawa beban berat di dalam mobil. Selain itu tidak lagi menekan pedal gas terlalu dalam untuk mendapatkan tenaga besar. Bahkan di kemacetan pun jadi tidak masalah karena dari awal torsi besar sudah muncul di rpm rendah. 

Contohnya, Isuzu D-Max dengan torsi 351 Nm berada di rentang 1.800 - 2.600 rpm sudah hadir meskipun mesinnya hanya 1.898 cc saja. Hal tersebut membuktikan kalau mesin diesel kelebihannya torsi sudah keluar di rpm rendah. 

Perawatannya Mudah dan Murah 


Dengan perawatan mesin diesel lebih mudah dan murah karena tidak banyak spare part atau kelistrikan yang harus diperiksa saat perawatan. Bahkan penggantian pun hanya berkisar di filter oli, filter solar dan oli mesin saja, tidak ada busi yang perlu diganti. Karena mesin diesel gunakan injektor bertekanan tinggi untuk menyalurkan solar ke ruang bakar. 

Selain itu, pengecekan dan penggantian filter solar wajib dilakukan untuk memberikan hasil maksimal sekaligus menjaga injektor diesel tidak buntu atau mampet akibat kualitas solar terutama solar di Indonesia masih kurang bagus. Ditambah lagi suku cadang mobil dengan mesin diesel pun tergolong murah, seperti filter solar saja cuma Rp60 ribu. 

Kekurangan Mesin Diesel 

Kekurangan dari mesin diesel apa saja sih? mungkin kelebihan dari mesin diesel sudah disebutkan diatas. Namun di satu sisi, ada kekurangan dari mesin diesel tersebut. Seperti ini rangkumannya, 

Mesin Diesel Modern lebih Sensitif Solar Biasa 

Untuk mesin diesel modern seperti yang dipakai oleh produsen mobil sekarang pastinya bukan solar biasa atau Bio Solar yang tersedia di SPBU yang ada. Karena mesin diesel sekarang butuh solar dengan kualitas lebih baik. Seperti, Pertamina Dex, Dexlite atau Shell V-Power Diesel. Apalagi harganya bisa diatas Rp10 ribu untuk satu liternya. Contoh harga untuk Pertamina Dex dibanderol Rp11,15 ribu sedangkan Shell V-Power Diesel paling mahal mencapai Rp13 ribu untuk harga di  bulan November 2021.

Tentu saja, penggunaan BBM sejenis Bio Solar tidak diperkenankan terutama untuk mesin diesel modern. Sedangkan mesin diesel lawas sebenarnya masih bisa gunakan bio solar namun alangkah baiknya gunakan solar dengan kualitas baik agar kondisi mesin tetap terjaga. 

Suara Mesin Kasar dan Getaran Terasa

Karena mesin diesel itu bisa mengeluarkan suara berisik yang menggangu kenyamanan terutama saat berkendara, otomatis buat yang belum terbiasa pasti akan merasa terganggu dengan suara idle dari mesin diesel tersebut.

Dengan karakternya mesin diesel yang dikenal berisik ditambah lagi getaran saat mesin diesel sedang stationer juga merambat ke bodi mobil, alhasil kurang nyaman saat berkendara. Meskipun untuk mobil dengan mesin diesel modern sudah berkurang baik dari segi getaran mesin maupun suara mesin yang masuk ke kabin. 

Akselerasi Lebih Lambat 

Karena mesin diesel mengandalkan torsi besar di rentang rpm rendah, otomatis tenaga maksimal yang keluar di rpm tinggi pun jadi lebih kecil. Saat berakselerasi pun akan terasa lambat dan tidak secepat mobil lainnya.Hal tersebut dilakukan supaya mobil dengan mesin diesel bisa membawa beban berat otomatis mesin ini dibuat agar torsi keluar bukan di rpm tinggi melainkan di rpm rendah saja. 

Emisi Gas Buang Tinggi 

Buat mesin diesel lama terutama yang merawat mesin kurang telaten atau pakai solar biasa pun bakal hasilkan emisi gas buang tinggi. Apalagi mengeluarkan gas buang berwarna hitam, tentu saja ini jadi kelemahan dari mesin diesel. Meskipun mesin diesel saat ini sudah diberikan teknologi untuk mengurangi emisi gas buang. 
Seperti Turbo atau Exhaust Gas Recirculation (EGR). 

Harga Mobil Diesel Mahal

Memang untuk mobil diesel sendiri lebih mahal daripada dari mobil bensin sekalipun. Hal tersebut terlihat dari daftar harga mobil yang ditawarkan oleh produsen mobil, mengingat kompleksitas mesin diesel modern saat ini ditambah teknologi yang diusung membuat harga mobil dengan mesin diesel terpaut jauh dengan mobil bensin. 

Contohnya, Kijang Innova Diesel G A/T dibanderol Rp369,3 juta. Sedangkan Kijang Innova bensin G A/T harganya hanya Rp345,2 juta. Terpaut jauh dengan mesin membuat Kijang Innova Diesel terasa mahal sekali di kelas mobil keluarga. (AP)

--- Untuk pilihan mobil bekas bertenaga diesel terbaik temukan di sini.

 




Berita Utama


Komentar