Membeli Mercedes-Benz Bekas, Kenali Penyakitnya

Panduan Pembeli

Membeli Mercedes-Benz Bekas, Kenali Penyakitnya

Membeli Mercedes-Benz Bekas – Mobil asal Jerman ini sudah identik dengan kemewahan dan kenyamanan bagi seluruh penumpangnya. Mobil yang kerap disebut Mercy juga terkenal dengan bodinya yang kuat dan mesin bertenaga.

Pada umumnya mobil berlambang Tiga Bintang ini disukai oleh bapak-bapak paruh baya. Kenyamanan yang sudah terjamin menjadi salah satu alasan pilihan. Namun adapula pebisnis muda ataupun remaja kebapak-an yang juga menggemari kendaraan merek ini.

Berbeda citranya dengan BMW yang lebih digemari anak muda karena performa dan tampilannya lebih sporti. Mercedes-Benz sudah menemani para pejabat hingga Presiden Republik Indonesia pertama, sehingga kesan mewahnya sangat melekat.

Selaras dengan citranya yang identik dengan orang-orang berduit, Mercy ditakuti oleh sebagian orang karena banderolnya terbilang tinggi. Ini juga berpengaruh pada mobil bekasnya karena dianggap harga spare partsnya mahal, boros bahan bakar dan perawatannya ribet.

Hal ini membuat harga Mercedes-Benz bekas di pasaran terbilang murah. Banyak orang sungkan untuk memilikinya karena berbagai image yang melekat. Namun faktanya tidak demikian, Mercy bisa menjadi teman perjalanan yang menyenangkan. Terutama jika kita mengenali kelemahannya dan mengetahui bengkel spesialis yang terpercaya.

Sebelum meminang Mercedes-Benz bekas, ada baiknya Anda mengenali seluk beluk kendaraan asal Jerman ini. Dengan mengetahui kelemahan dan kelebihan mobil yang Anda incar, akan lebih menghemat waktu dan serta dana yang dikeluarkan.

Mercedes-benz bekas

Kelemahan Mercedes-Benz Bekas

  • Boros bahan bakar

Hal ini sebenarnya wajar saja, karena Mercedes-Benz bekas pada umumnya menggunakan mesin berkapasitas besar. Jantung mekanisnya besar karena untuk menggerakkan bodi kendaraan yang cukup berat.

Material mobil yang digunakan untuk menghadirkan kesan nyaman dan aman, berimbas pada bobot kendaraan berlebih. Walhasil membutuhkan mesin yang bertenaga agar tidak loyo saat digunakan.

Bahkan semakin tinggi kasta sebuah kendaraan seperti S Class, maka mesin yang digendong kapasitasnya lebih besar. Untuk pemain pemula, sebaiknya meminang Mercy C Class. Untuk tahun pembuatan 2.000-an ke atas, mesinnya sudah dilengkapi dengan turbocharger. Sehingga akan lebih efisien dan ramah bagi kantong pemiliknya.

  • Wiring Harness

Membeli mobil lawas asal benua Eropa patut memperhatikan kondisi kabel-kabel hingga soket. Perbedaan iklim dengan Asia tenggara yang lebih panas akan membuat komponen-komponen tersebut lebih cepat rusak.

Kabel yang rusak bisa memicu berbagai kerusakan pada kendaraan. Kerusakan kabel bisa membuat layar MID pada panel meter menyala dan menunjukkan kode error. Padahal bisa saja error-nya karena soketnya sudah tidak bagus.
Mercy Bekas

Fungsi kabel-kabel sendiri cukup beragam dan paling parah bisa menyebabkan kebarakaran karena korsleting atau arus pendek. Maka dari itu, sebaiknya perhatikan bagian tersebut dan ada baiknya mengajak serta mekanik.

  • Suku cadang

Anda yang hendak meminang Mercedes-Benz bekas, patut mempertimbangkan suku cadangnya. Khususnya yang ingin memiliki unit keluaran tahun lawas apalagi cenderung klasik. Karena semakin lama tahun pembuatannya, maka suku cadangnya kian sulit ditemukan.

Pemula yang ingin memiliki Mercedes-Benz untuk pertama kalinya, sebaiknya melirik tahun produksi 2000-an. Dengan ini, Anda akan mendapatkan kendaraan yang nyaman mewah dan perawatannya tidak terlalu susah.

Pada mobil-mobil Eropa, Anda tidak bisa dengan mudah mendapatkan suku cadang imitasi atau bahasa umumnya KW. Kalaupun ada, kualitasnya tidak terjamin sehingga masa pakainya relatif singkat dan cenderung mengecewakan. Selain itu, Anda jadi harus bulak-balik ke bengkel.

  • Pajak mahal

Banderol awal atau saat baru yang terbilang tinggi dan kapasitas mesin besar, membuat pajak yang dibebankan cukup mahal. Setidaknya dibandingkan dengan mobil-mobil buatan Jepang pada umumnya.

Untuk itu, maka siapkan dana lebih jika Mercedes-Benz kesayangan Anda sudah masuk waktunya membayar pajak tahunan maupun lima tahunan.

  • Bengkel spesialis

Sebelum Anda memutuskan untuk memelihara unit Mercedes-Benz, sebaiknya mencari lokasi bengkel andalan. Karena bengkel yang bisa menangani Mercy tidak sebanyak mobil asal Jepang pada umumnya.

Anda bisa menggali informasi terlebih dahulu bengkel-bengkel khusus Mercy atau mobil Eropa, melalui komunitas ataupun sosial media. Biasanya mereka memiliki rekomendasi bengkel yang telah terpercaya, sehingga tidak perlu khawatir tertipu oleh oknum mekanik nakal.

  • Harga gelap

Harga Mercedes-Benz Bekas

Untuk beberapa tipe, Mercedes-Benz masuk ke dalam kategori langka dan koleksi berharga. Hal ini membuat harga unit gelap dan tidak ada patokan tertentu. Terlebih jika kondisi kendaraan sangat orisinil dan masih prima.

Membeli mobil lawas memang identik dengan sejarah, jika memiliki sejarah yang bagus dan berharga, maka harga jualnya akan sangat tinggi. Salah satu contohnya jika Anda ingin meminang S Class eks kepresidenan.

Selain kelemahan, Mercedes-Benz bekas juga memiliki keunggulan yang membuat penggemarnya tetap ada. Di Indonesia sendiri penggemar mobil merek ini cukup banyak sehingga Anda bisa bertukar pikiran dengan sesama pemilik.

Kelebihan Mercedes-Benz bekas

  • Mesin

Seperti disebutkan di atas, Mercedes-Benz memiliki mesin yang bandel dan performanya dapat diandalkan. Namun performa ciamik pada umumnya berbanding lurus dengan penggunaan bahan bakar yang lebih banyak.

Kualitas material mesin yang lebih baik daripada mobil-mobil buatan Jepang, membuat daya tahannya mengagumkan. Setidaknya konsumen tidak perlu sering-sering ke bengkel, dengan catatan mesin masih dalam kondisi prima.

  • Keselamatan

Mercedes-Benz dan mobil-mobil asal Eropa lainnya unggul dalam hal keselamatan. Fitur-fitur keselamatan pada kendaraan asal benua Eropa selalu lebih baik daripada Jepang.

Salah satu contohnya mobil-mobil asal benua Eropa sudah mengadopsi pengereman model cakram sejak era 80-an. Selain itu, airbags pada Mercedes-Benz juga sudah diterapkan sejak dahulu kala dan lebih komplit hingga saat ini.

Eropa sendiri dikenal sebagai benua yang paling ketat dalam menerapkan standar keselamatan dan keamanan pada kendaraan. Bahkan standar keamanan benua tersebut kerap dijadikan patokan bagi benua lainnya.

  • Mewah

Sejalan dengan keamanan berkendara, tentunya akan memberikan kenyamanan di dalam kabin. Sementara fitur-fitur yang ditawarkan di dalamnya juga mengedepankan kemewahan. Hal ini membuat Mercedes-Benz dan kendaraan asal Eropa lainnya unggul.

Jika dibandingkan dengan mobil buatan Jepang dengan tahun yang sama misalnya 2000-an. Anda akan mendapatkan fitur kemewahan yang lebih komplit pada mobil Eropa seperti Mercedes-Benz salah satunya.

Mulai dari jok yang lebih tebal, kabin lebih senyap dan interior lebih berkelas akan membuat perjalanan lebih menyenangkan. Terlebih saat duduk di belakang Mercedes-Benz jenis sedan, Anda akan merasa seperti boss besar.
Mercedes-Benz Second

  • Kualitas material

Mercedes-Benz dan mobil-mobil buatan Eropa lainnya memiliki bodi berbahan besi yang lebih tebal. Lalu di dalamnya terdapat material yang berkualitas jempolan pula.

Trim pintu, dashboard hingga bagian lain di dalam kabin terasa lebih baik kualitasnya. Sehingga tidak mudah rusak meskipun telah berusia cukup lama. Inilah yang kerap menjadi dasar calon konsumen memilih Mercedes-Benz.[Dew/Had]

Harga pasaran Mercedes-Benz bekas

  • C Class 1995 – 2010 Rp 50 jutaan hingga Rp 150 jutaan
  • E Class 1995 – 2010 Rp 60 jutaan hingga Rp 200 jutaan
  • S Class 1998 – 2009 Rp 110 jutaan hingga Rp 390 jutaan


Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar