Memahami Fungsi Oli Mesin Pada Kendaraan

Panduan Pembeli

Memahami Fungsi Oli Mesin Pada Kendaraan

JAKARTA - Pelumas mesin merupakan salah satu elemen penting di setiap kendaraan bermotor yang harus selalu diperhatikan.

Kendaraan bermotor baik itu mobil dan sepedamotor telah menjadi alat transportasi utama masyarakat Indonesia. Seiring dengan perkembangan jaman, kendaraan bermotor terus berkembang dan memiliki populasi yang kian meningkat.

Namun tidak semua pemilik kendaraan bermotor mengerti apa saja yang dibutuhkan oleh kendaraan miliknya. Salah satunya pelumas mesin atau oli mesin. Banyak masyarakat yang masih belum memahami pentingnya oli mesin pada kendaraan.

Pada umumnya, ketika kendaraan melaju sepanjang 5.000 km, mobil Anda akan membakar sekitar 333-700 liter bahan bakar. Selain itu, mesin juga akan menghasilkan uap air, asam sulfur, jelaga karbon, kerak piston dan bahan bakar yang tidak terbakar sempurna.

Oleh karena itu, diperlukan pelumas mesin untuk memaksimalkan performa dan merawat kondisi mobil Anda. Pelumas mesin memiliki 5 fungsi utama yaitu melumasi, membersihkan, melindungi, mendinginkan dan menghemat energi pada kendaraan.

Oli mesin akan memudahkan pergerakan permukaan mesin, mengurangi gesekan dan keausan mesin serta meningkatkan efesiensi bahan bakar. Selain itu, pelumas mesin juga berfungsi untuk membersihkan mesin dari partikel kotoran yang menempel, lumpur dan kerak sehingga kebersihan mesin kendaraan Anda tetap terjaga.

Oli mesin juga akan memberikan perlindungan lebih baik itu fisik maupun kimia kepada mesin untuk mencegah keausan dan korosi. Pelumas yang bergerak di sekitar mesin juga akan menjaga suhu mesin dengan baik sehingga mesin tidak overheat.

Dengan adanya fungsi mengurangi gesekan, maka mesin akan bekerja dengan sangat baik dan mampu menggunakan bahan bakar dengan efektif. Oleh karena itu, pelumas mesin menjadi salah satu komponen utama di setiap kendaraan bermotor.

Bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor baik itu roda dua atau roda empat, sebaiknya selalu memeriksa kondisi pelumas mesin secara berkala. Jika kondisi oli mesin Anda selalu dalam kondisi baik, maka kendaraan kesayangan Anda akan selalu memberikan performa maksimal dan tahan lama. [Amo/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual