Melirik Mobil Hidrogen Asal Tanah Kelahiran Gareth Bale

Berita Otomotif

Melirik Mobil Hidrogen Asal Tanah Kelahiran Gareth Bale

CARDIFF - Wales ternyata tidak hanya melahirkan pesepakbola andal sekelas Gareth Bale. Wales juga memiliki kemampuan menciptakan mobil berbahan bakar hidrogen. Tengok saja mobil hidrogen prototipe satu ini.

Mobil listrik bertenaga hidrogen yang dijuluki Riversimple ini hasil karya Hugo Spowers. Hugo Spowers -pendiri dan chief engineer Riversimple- berusaha membuat mobil ramah lingkungan untuk menandingi produsen mobil raksasa.

Dalam laman resmi Riversimple, mobil daya tampung 2 penumpang ini didukung oleh mesin teknologi yang bisa minum bahan bakar hidrogen sehingga tidak ada gas buang, yang ada knalpotnya mengeluarkan air. Mobil ramah lingkungan Riversimple disokong dengan desain bodi unik yang terbuat dari bahan komposit.

Ada 4 motor listrik yang tersemat di setiap roda dan disokong dengan teknologi pengereman regeneratif. Tangkinya berada di belakang.

Hugo Spowers mengklaim mobil ini bisa berjalan sampai 300 kilometer dan bisa diisi ulang dalam waktu 3 menit. Belum jelas kapan mulai diproduksi massal, namun pihak Riversimple mengatakan mobil ini sangat lincah, di mana mampu berlari dari 0-48 km dalam waktu 5,5 detik dan hanya mampu mencapai kecepatan puncak 80 km/jam.

Fakta tersebut diakui Spower mobil ini cocok untuk dikendarai di dalam kota dan perjalanan keluar kota. Akhir tahun 2015, Riversimple akan memiliki lebih dari 60 kendaraan untuk diuji coba di dua lokasi di Inggris.

"Kami telah merancang mobil sel bahan bakar hidrogen daripada mencoba membangun jenis sel bahan bakar ke mobil yang mengandalkan sistem mesin pembakaran dalam untuk 100 tahun terakhir," kata Spowers. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual