Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Melihat Produksi Suzuki GSX-R150 di Bekasi

Berita Otomotif

Melihat Produksi Suzuki GSX-R150 di Bekasi

BEKASI – Principal Suzuki menunjuk PT Suzuki Indomobil Motor sebagai produsen Suzuki GSX-150. Motor yang menjadi kebanggan bagi Suzuki ini diproduksi di pabrik PT SIM Plant Tambun 1, Bekasi Jawa Barat.

Di pabrik ini, nantinya akan memproduksi 9.000 unit GSX-150 per bulannya untuk keperluan domestik dan internasional. Jumlah tersebut dianggap cukup untuk membangkitkan kembali penjualan sepedamotor Suzuki di Indonesia.

Untuk memproduksi GSX-150, PT SIM memanfaatkan satu line produksi dengan satu shift pekerjaan. Dengan ini, maka setiap 90 detik lahirlah satu unit GSX-150.

Guna memaksimalkan line produksi, PT SIM membagi dua bagian berdasarkan material yang akan dibuat yaitu logam dan plastic. Keduanya kemudian disatukan dalam proses perakitan untuk menghasilkan GSX-150 yang untuh.

Material bahan dasar logam akan melalui beberapa tahap. Pertama adalah pressing di mana lembaran logam dibentuk menjadi salah satu komponen motor seperti tangki bensin. Tangki bensin terbagi dua, kanan dan kiri. Keduanya disatukan di tahap kedua yaitu pengelasan. Setelah selesai, maka komponen tersebut akan masuk ke tahap plating.

Untuk komponen logam, PT SIM memproduksi frame, fuel tank, swingarm, muffler dan rim wheel.

Sementara untuk bahan dasar plastik hanya melalui tahap injection dan painting. Dalam tahap injection ini, PT SIM menciptakan beberapa komponen eksterior. Bahan plastik masuk ke dalam sebuah alat lalu sekitar 40 detik kemudian, komponen yang diperlukan sudah jadi. Setelah itu, komponen tersebut masuk ke tahap painting untuk diwanai sesuai kebutuhan.

Untuk komponen plastik ini, Suzuki memanfaatkannya untuk menjadi body parts pada bagian luar.

Setelah itu seluruh komponen akan masuk pada tahap assembling. Pada tahap ini, komponen dirakit untuk menjadi satu unit khusus. Setelah selesai, motor akan dihidupkan untuk pertama kalinya dan masuk bagian dyno test.

“Pada setiap tahapan kami melakukan pengecekan untuk memastikan kualitas produk kami. Pengecekan tersebut dilakukan dengan dua metode yaitu pengujian 100 persen untuk setiap komponen dan metode sampling. Semua disesuaikan dengaan kebutuhan masing-masing,” tutup Ivan Yoliga, Assisten to Department Head Production 2W PT SIM. [Adi/Ikh]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang