Melihat Lexus UX 300e, Calon Mobil Listrik Premium di Indonesia

Mobil Baru

Melihat Lexus UX 300e, Calon Mobil Listrik Premium di Indonesia

JAKARTA – LEXUS UX 300e merupakan mobil listrik bertenaga baterai pertama Lexus dan akan dijual di Indonesia dalam waktu dekat.

Saat ini, mobil tersebut masih dijual terbatas di beberapa negara saja, termasuk Eropa. Namun pekan depan, Indonesia kemungkinan akan mendapatkan mobil tersebut. Hal ini disampaikan oleh Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor beberapa waktu lalu.

“Di 2020 ini, sejalan dengan keinginan pemerintah untuk mengakselerasi kendaraan elektrifikasi dan infrastruktur yang mulai dibangun, Toyota juga melangkah lebih maju dengan menghadirkan teknologi elektrifikasi. Tidak hanya melanjutkan misi untuk makin mempopulerkan teknologi elektrifikasi, tapi juga menghadirkan pilihan teknologi elektrifikasi yang lebih lengkap melalui Lexus UX-EV,” tegasnya.

Melihat Lexus UX 300e, Calon Mobil Listrik Premium di Indonesia
Bila melihat situs resmi Lexus global, maka UX 300e adalah pilihan yang paling dekat untuk Indonesia. Mobil ini dilengkapi dengan beragam keunggulan yang diyakini mampu untuk memberi pengalaman baru dalam berkendara.

Sama seperti SUV Lexus pada umumnya, mobil ini hadir dengan desain yang menarik dan tajam. Grillenya yang melebar ditambah dengan roda berukuran 17 inchi menjadikan mobil terlihat gagah dan tangguh.

Beragam fitur juga disematkan pada mobil ini guna menjadikannya lebih istimewa bila dibandingkan dengan SUV lainnya. Sebut saja automatic LED headlamps, front and rear parking sensors hingga automatic windscreen wipers.

Namun yang menjadi unggulan utama dari Lexus UX 300e adalah teknologi berkendara. Mobil ini dilengkapi dengan motor listrik model 4KM yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 kW atau setara dengan 201 hp dan torsi hingga 300 Nm.

Melihat Lexus UX 300e, Calon Mobil Listrik Premium di Indonesia
Lexus UX 300e juga sudah dilengkapi dengan teknologi keselamatan terbaru yaitu Lexus Safety System+. Dengan ini maka sejumlah fitur keselamatan terbaru sudah disematkan seperti Dynamic Radar Cruise Control, Pre-Collision System, Lane Tracing Assist, Road Sign Assist.

Sementara untuk sumber tenaga, Lexus UX 300e dilengkapi oleh baterai Lithium Ion berkapasitas 54,3 kWh dan hanya membutuhkan waktu 50 menit untuk mengisi daya hingga 80%. Baterai ini mampu menempuh perjalanan sejauh 400 km.

Di Inggris, baterai diberikan garansi selama 8 tahun atau nyaris 161.000 KM. Namun, garansi tersebut masih bisa ditingkatkan menjadi 10 tahun atau 600.000 KM. Sementara itu, motor listrik pun diberikan garansi cukup lama yaitu 5 tahun atau 96.560 KM.

Dengan kehadiran Toyota melalui brand Lexus yang membuat BEV ke Indonesia, maka bukan tidak mungkin kendaraan listrik di Indonesia bisa lebih berkembang. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar