Simak Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Ferio

Panduan Pembeli

Simak Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Ferio

Honda Civic Ferio tak ubahnya seperti mobil sedan lain yang memiliki kelebihan dan kekurangan.

Masing-masing brand otomotif memiliki model-model legendaris, sebut saja satu diantaranya Honda lewat produk andalnnya bernama Civic. Sedan tersebut telah ada sejak 1972.

Seiring dengan berjalannya waktu diikuti dengan kebutuhan masyarakat yang makin beragam, Honda Civic terus berevolusi mengikuti perkembangan zaman. Kini Civic telah memiliki 10 generasi.

Di Indonesia sendiri, Honda Civic mengaspal pertama kali pada 1975. Ketika itu model yang dibawa oleh Honda menggunakan mesin berkapasitas 1.169cc yang diklaim hemat BBM pada eranya.

Kini Civic pun menjadi salah satu mobil yang terus dihadirkan pembaruannya oleh Honda di Indonesia.

Dari seluruh model Honda Civic yang pernah dipasarkan di Indonesia, Civic Ferio menjadi salah satu yang cukup mendapatkan perhatian. Model ini hadir pada 1996 hingga 2000 menggantikan Honda Civic Genio yang diniagakan sejak 1990 sampai 1995.

Sebagai penerus, Honda telah melakukan beragam pengembanan agar karakter dari Civic tidak terhenti. Hal ini ditunjukkan dari pemasangan mesin mobil yang lebih bertenaga serta desain lebih aerodinamis serta gagah.

Saat ini versi terbaru dari Honda Civic Ferio sudah tidak ada lagi, tapi bagi konsumen yang ingin meminangnya bisa mencari versi bekasnya.

Sebelum melakukan pembelian, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan Honda Civic Ferio.

Kelebihan Honda Civic Ferio

Honda Civic Ferio memiliki berbagai kelebihan, tentunya ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk konsumen.

  • Mesin Bertenaga

Mesin selalu menjadi perhatian penting bagi Honda untuk Civic, tak terkecuali Civic Ferio. Untuk itu mereka menyematkan mesin berkapasitas 1.6 liter, D16Y5, 4 silinder segaris 16 katup SOHC.

Honda Civic Ferio

Mesin tersebut memiliki daya sebesar 125 hp pada 6.400 rpm dan torsi maksimal 148 Nm pada 5.500 rpm. Tenaga mesin tersebut tentunya sudah cukup besar untuk menjawab kebutuhan para pecinta kecepatan pada era 1990-an

Meski mesinnya terbilang besar, tapi konsumsi BBM-nya irit pada eranya.

  • Memiliki 2 Pilihan Transmisi

Meski pada tahun tersebut belum banyak pengguna mobil bertransmisi otomatis, Honda sepertinya tahu bahwa kendaraan di masa depan akan lebih banyak menggunakan transmisi otomatis. Itu sudah ditunjukkan oleh Honda pada Civic Ferio.

Honda memberikan pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Kehadiran dua transmisi tentu cukup menarik di era tersebut dan menunjukkan bahwa Honda memang sudah siap untuk memenuhi kebutuhan transmisi masa depan.

  • Desain Sporty

Honda Civic Ferio tidak bisa lepas dari desainnya yang sporty khususnya untuk sedan pada era 1996 sampai 2000.

Beberapa garis aerodinamika yang disematkan pada mobil, termasuk di bagian kap mesin memberi kesan tersendiri bagi mereka yang melihatnya.

Tak hanya itu, Honda Civic Ferio juga memiliki desain headlamp menarik, karena sudah dibuat lebih tajam, sehingga memberi kesan sporty.

Sementara pada bagian belakang, desain bumper juga terasa cukup menarik berpadu dengan rear headlamp.

  • Mudah Dimodifikasi

Desain ekterior yang menarik sudah tentu menjadi kanvas menarik untuk para modifikator mobil kala itu. Tak heran bila cukup sulit menemukan Honda Civic bekas yang masih orisinal, karena pemilik sebelumnya hampir pasti melakukan modifikasi.

Honda Civic Ferio

Umumnya pemilik Civic Ferio melakukan modifikasi pada bagian eksterior mobil, seperti menyematkan spoiler belakang, mengganti velg standar dengan racing dan sebagainya.

Tak hanya itu, banyak juga yang memaksimalkan performa mesin mobil agar bertenaga walau harus membuatnya menjadi lebih boros konsumsi bahan bakar.

Kebanyakan pemilik Civic Ferio adalah petrol head dan hampir bisa dipastikan mereka melakukan beberapa pengembangan sendiri agar cocok dengan karakternya masing-masing.

  • Prestasi Mobil Mengagumkan

Salah satu yang menjadikan Honda Civic Ferio semakin mengagumkan adalah prestasinya. Mobil ini berhasil menyabet gelar Japanese Car of The Year pada 1995. Tentunya ini menjadi sebuah prestasi tersendiri yang membuat masyarakat semakin tertarik terhadap mobil tersebut.

Di Indonesia sendiri, Honda Civic Ferio juga berhasil menyabet beberapa penghargaan menarik, khususnya dari dunia modifikasi.

  • Cocok Sebagai Kendaraan Keluarga

Salah satu yang paling menyenangkan dari mobil ini yaitu kabinnya, karena terbilang luas sehingga cocok untuk digunakan sebagai kendaraan keluarga. Tentunya ini sangat menarik, karena tidak banyak mobil yang bisa memenuhi kebutuhan para petrol head.

Honda Civic Ferio

Menariknya, Honda Civic Ferio juga tidak bisa dikatakan usang ditinggal zaman. Pasalnya hingga kini Honda Civic Ferio masih banyak dicari di pasar mobil bekas, tak hanya sekedar mencari kesenangan, tapi juga untuk digunakan sebagai alat transportasi harian.

Kekurangan Honda Civic Ferio

Walau banyak kelebihan, Honda Civic Ferio tetap memiliki kekurangan yang harus menjadi perhatian bagi mereka yang hendak membeli versi bekasnya. Sebab, usia kendaraan terbilang sudah cukup tua, lebih dari 20 tahun.

Lantas apa saja kekurangan Honda Civic Ferio? Berikut ini ulasan singkatnya.

  • Kaki-kaki Kurang Tangguh

Walau dilengkapi dengan mesin bertenaga, Honda Civic Ferio terbilang cukup lemah pada bagian kaki-kakinya. Untuk itu, sebelum membeli Civic Ferio bekas pastikan bagian ini diperiksa secara mendetail.

Tidak ada salahnya untuk langsung membawa mobil ke bengkel agar kualitas kaki-kakinya lebih maksimal.

  • Interior Cepat Kotor

Pada era 1996-2000, umumnya jok mobil menggunakan bahan beludru yang mudah kotor. Kondisi ini sebenarnya plus-minus bagi yang ingin membelinya sekarang ini. Pasalnya bila pemilik sebelumnya rajin merawat mobil, maka kesan mewah pada mobil masih bisa terasa. Sebaliknya jika pemilik mobil tidak rutin melakukan perawatan, maka kabin akan terasa kumuh.

Honda Civic Ferio

Namun, jangan terlalu khawatir, Anda masih bisa merasakan interior Honda Civic Ferio seperti baru, caranya dengan menggantinya dengan bahan yang lebih berkualitas.

Bagi yang ingin menghadirkan nuansa sporty, bisa mengganti jok depan dengan model sport atau semi bucket.

Sementara bagi yang ingin bernuasa elegan, dapat menggunakan pelapis jok berbahan kulit.

  • Sulit Menemukan Orisinal

Boleh dikatakan saat ini sangat sulit untuk menemukan Honda Civic Ferio yang masih orisinal.

Kebanyakan pemiik Civic Ferio terdahulu sudah memodifikasinya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Untuk itu tidak ada salahnya untuk memberi waktu sedikit lebih lama dalam berburu mobil ini agar mendapatkan sesuai dengan keingunan.

Tidak perlu orisinal, yang penting tidak kecewa setelah melakukan pembelian. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar