Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Xpander yang Perlu Diketahui

Panduan Pembeli

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Xpander yang Perlu Diketahui

Sama seperti mobil lainnya, Mitsubishi Xpander pasti punya kelebihan dan kekurangan. Tentunya ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi calon konsumen sebelum meminangnya. 

Mitsubishi Xpander pertama kali hadir di Indonesia pada 2017 di ajang Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS). Mobil keluarga ini langsung mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Hal ini terbukti dengan angka penjualan mereka yang mencapai 5.281 unit pada ajang tersebut. Jumlah tersebut tergolong sangat besar, karena pameran GIIAS hanya berlangsung selama 11 hari.

Tingginya antusiasme masyarakat terhadap Xpander membuat PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pun harus melakukan beragam penyesuaian. Pasalnya, jumlah produksi tidak seimbang dengan banyaknya permintaan. Hal ini berakibat antrean pemesanan kendaraan sangat panjang.

Namun, PT MMKSI berhasil melakukan beragam langkah strategis untuk memaksimalkan jalur produksi yang ada di Indonesia. Hasilnya, waktu inden Mitsubishi Xpander pun jadi lebih singkat hingga menjadi normal pada 2018.

Kelebihan Mitsubishi Xpander 

Lantas apa saja kelebihan Mitsubishi Xpander sehingga membuat mobil ini menjadi sangat laris di Indonesia? Berikut adalah ulasan singkatnya.

Desain Atraktif

Desain eksterior Mitsubishi Xpander terlihat sangat gahar, sporty dan tentunya menarik untuk dilihat.

Boleh dikatakan bahwa, desain Mitsubishi Xpander yang anti mainstream ini berhasil membuat semua pabrikan kendaraan mencoba untuk melakukan hal serupa. Beragam cara dilakukan untuk membuat Low MPV mereka menjadi lebih sporty sehingga menarik untuk dilihat.

Mitsubishi Xpander

Tak hanya itu, desain yang menarik ini pun menjadikan Xpander dinilai sebagai salah satu kanvas untuk modifikasi. Pasalnya, modifikator tidak perlu melakukan banyak ubahan ekstrem hanya untuk membuat desain menjadi sporty. Hal ini karena desainnya yang memang sudah sporty sehingga untuk menjadikan mobil semakin ganteng tentunya akan lebih mudah.

Menggunakan Sistem Penggerak Roda Depan

Sistem penggerak roda depan maupun sistem penggerak roda belakang sebenarnya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Namun pada Mitsubishi Xpander, sistem penggerak roda depan ini adalah keunggulannya.

Alasannya sederhana, sistem penggerak roda depan membuat tenaga mobil menjadi lebih responsif, dan hemat bahan bakar minyak.

Mitsubishi Xpander

 

Banyak Fitur Canggih

Mitsubishi Xpander telah diberkahi dengan banyak fitu-fitur canggih. Sebut saja satu di antaranya cruise control yang bisa membuat mobil melaju dengan kecepatan stabil meski pengendara tidak menginjak pedal gas.

Selain itu, Mitsubishi Xpander juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan yang terbilang lengkap. Di antaranya Active Stability Traction Control (ASTC), Child Proof Lock, Front Seat Belt, Hill Start Assist (HSA), ISOFIX, SRS Airbag serta ABS & EBD.

Tak hanya fitur keselamatan, kenyamanan berkendara semakin meningkat berkat penyematan beragam fitur hiburan. Salah satunya head unit berukuran 6,2 inch berteknologi touchscreen.

Head unit ini sanggup memainkan beragam hiburan menarik dan dapat tersambung dengan smartphone. Menariknya lagi, head unit ini juga sudah tersambung dengan rear view camera sehingga memudahkan pengemudi saat memarkirkan kendaraan.

Kekurangan Mitsubishi Xpander

Di mana ada kelebihan maka di sana juga tentu ada kekurangan. Di balik desainnya yang apik, hingga fitur yang lengkap tetap saja ada beberapa kekurangan dari Mitsubishi Xpander. 

Berikut ini beberapa kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan masyarakat sebelum melakukan pembelian.

Suspensi Mudah Bocor

Salah satu kekurangan yang paling umum dikeluhkan oleh pemilik Xpander adalah terkait suspensi kendaraan. Setelah digunakan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas, banyak pelanggan yang menemukan bahwa suspensi kendaraan mereka bocor sehingga fungsinya tidak lagi optimal.

Meski sifatnya kasuistis, tetap saja ini menjadi sebuah sorotan masyarakat mengingat tingginya penjualan Mitsubishi Xpander di Indonesia. Kelemahan ini sebenarnya sudah mulai tidak terdengar di komunitas.

Fuel Pump Bermasalah

Mitsubishi Xpander

Sebenarnya recall (pemanggilan konsumen kembali) tidak sepenuhnya sebuah kekurangan dari satu produk. Tindakan pemanggilan kembali untuk unit-unit yang berpotensi mengalami kerusakan pabrikan adalah bentuk tanggung jawab perusahaan.

Hal tersebut pernah dilakukan oleh MMKSI karena menemukan masalah pada fuel pump (pompa bahan bakar) Xpander tahun produksi 2017 hingga 2019.

Setidaknya ada 139.111 unit Mitsubishi Xpander yang harus ditarik kembali untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan komponen.

Berdasarkan keterangan resmi, recall dilakukan setelah PT MMKSI melakukan investigasi terhadap produknya dan menemukan adanya kerusakan pada fuel pump. Imbas dari kerusakan terbut bisa membuat mesin mobil mati secara tiba-tiba dan tidak bisa dinyalakan. Kondisi ini disebabkan oleh impeller yang memuai dan berubah bentuk membuat kinerja mesin terganggu.

Proses pemeriksaan dan penggantian komponen berlangsung selama kurang lebih dua jam.

Kerusakan fuel pump hanya dialami oleh Xpander rakitan 2017 sampai 2019 saja, di luar dari tahun itu tidak termasuk dalam daftar recall. Sehingga pembeli Xpander racikan terbaru tidak perlu khawatir.

Mitsubishi Xpander tentunya bukanlah mobil sempurna, namun di balik kelemahan tentunya ada kelebihan tersendiri. Semua tinggal disesuaikan dengan kebutuhan, keinginan dan bujet pelanggan. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar