Prediksi Low MPV Renault Calon Penantang Avanza dan Xpander

Berita Otomotif

Prediksi Low MPV Renault Calon Penantang Avanza dan Xpander

JAKARTA – PT Maxindo Renault Indonesia menegaskan bahwa pihaknya akan meluncurkan MPV dengan harga murah.

Meski tidak menyebutkan nama dari mobil tersebut, sebenarnya cukup mudah untuk menebak bahwa Renault Lodgy yang akan menjadi andalan baru di Indonesia. Alasannya adalah mobil tersebut memiliki karakter yang terbilang cukup populer di Indonesia.

Karakter tersebut adalah mobil ini memiliki kapasitas yang cukup besar yaitu mampu menampung hingga tujuh orang. Renault Lodgy juga sudah melengkapi diri dengan sejumlah fitur kenyamanan yang diharapkan cukup untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

Sebut saja kemudahan untuk mengoptimalkan ruang kaki di baris ketiga hanya dengan menggeser posisi kursi di baris kedua. Bagi pelanggan yang ingin mendapat ruang lebih untuk bagasi, maka kursi baris ketiga bisa dilipat.

Renault Lodgy juga sudah dilengkapi dengan AC tambahan untuk di baris kedua dan ketiga sehingga suhu dalam ruangan dapat lebih terjaga. Para penumpang juga tidak perlu khawatir kehabisan daya baterai gadget mereka karena ada 12- volt charging sockets di ketiga baris kursi.

Dari sisi mesin, Renault Lodgy menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter dengan pilihan lima percepatan manual dan enam percepatan manual. Varian pertama mampu menghasilkan tenaga sebesar 83 hp serta torsi mencapai 200 Nm. Sementara varian kedua mampu menghasilkan tenaga hingga 108 hp dan torsi 245 Nm.

Pilihan mesin ini memang terlihat tidak berbeda jauh dengan LMPV lain di Indonesia yang menawarkan kapasitas mesin serupa. Dengan demikian pelanggan akan mendapat lebih banyak pilihan LMPV bermesin 1,5 liter.

Sedangkan bicara soal desain, penampilan Renault Lodgy juga terbilang cukup menarik. Secara umum, mobil ini terlihat cukup jangkung dan sedikit mengkotak.Di sisi depan, Renault Lodgy menghadirkan grille yang terbilang cukup sporty. Desain kap mesin dibuat sedemikian rupa sehingga terkesan agak berotot.

Dari sisi samping sebenarnya tidak ada sesuatu yang istimewa, pilar b dan pilar c dibuat hitam sehingga memberikan kesan lebih luas pada kaca. Sementara pada bagian belakang, lampu belakang menggunakan desain yang menyerupai shuriken namun berukuran kecil. Agar tidak terasa kosong, terdapat list crome yang cukup besar di pintu belakang.

Menariknya pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, Renault sudah mengenalkan mobil ini. Ketika itu mereka menyebut bahwa GIIAS adalah ajang untuk melakukan uji pasar Ranault Lodgy. Bahkan ketika itu Renault menegaskan akan menghadirkan MPV ini secara CKD. Sayang, hingga hampir genap 4 tahun berselang, Renault Lodgy ternyata masih belum resmi hadir.

Bila benar harganya sangat terjangkau seperti yang dijanjikan oleh Davy J Tuilan, COO Maxindo Renault Indonesia, maka bukan tidak mungkin Renault Lodgy bakal bertempur di segment terpanas di Indonesia, low MPV. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar