Melihat Biaya Perawatan Toyota Agya dan Avanza

Panduan Pembeli

Melihat Biaya Perawatan Toyota Agya dan Avanza

Salah satu alasan penjualan mobil Toyota tetap yang tertinggi adalah biaya servis atau perawatan berkala yang terjangkau. 

Selain itu banyak alasan mengapa penjualan mobil Toyota tetap tertinggi. Mulai dari mobilnya yang memang menjawab kebutuhan masyarakat, harganya terjangkau, banyak pilihannya, hingga harga jual kembali tinggi.

Khusus untuk kemudahan perawatan, tentunya setiap model akan berbeda-beda. Semakin premium sebuah mobil maka akan semakin tinggi pula biaya perawatan yang harus dikeluarkan oleh konsumennya, khususnya di bengkel resmi.

Meski untuk perawatan berkala di 4 tahun pertama masih gratis, tetap saja ada beberapa komponen yang tetap harus dibeli. Mulai dari oli, fiter oli, gasket dan lain sebagainya tetap harus dibeli dengan harga yang berbeda beda sesuai dengan kebutuhan masing-masing kendaraan.

Biaya Perawatan Toyota Agya

Perawatan Toyota

Bila berdasarkan buku panduan, maka setidaknya pelanggan akan melakukan perawatan kendaraan sebanyak 5 kali. Adapun untuk pertama kali dilakukan adalah pada 1.000 Km atau 6 bulan pertama dalam service ini tidak ada biaya yang dikeluarkan karena umumnya tidak ada komponen yang diganti. Selanjutnya akan ada beberapa biaya yang harus dikeluarkan guna memastikan kendaraan dalam kondisi optimal selama digunakan.

Servis 10.000 Km atau 12 bulan

Di sini pelanggan sedikitnya akan mengeluarkan dana sebesar Rp 766.000 untuk melakukan perawatan berkala Toyota Agya. Dana sebesar itu dikeluarkan untuk membeli oli mesin Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 (4 liter), filter oli, gasket oli, dan balancing roda. Biaya jasa untuk service ini masih gratis.

Service 20.000 Km atau 18 bulan

Perawatan berikutnya yang dilakukan ada service 20.000 Km atau 18 bulan. Dalam perawatan di interval ini pelanggan harus menyiapkan dana sedikitnya Rp 874.000. Pada interval ini, sparepart yang harus diganti adalah oli mesin Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 (4 liter), filter oli, gasket oli, balancing roda, dan busi (4 buah).

Service 30.000 Km atau 24 bulan

Selanjutnya adalah service 30.000 atau 24 bulan, tergantung mana yang tercapai terlebih dahulu. Dalam perawatan ini, biaya perawatan yang dikeluarkan akan lebih sedikit, sekitar Rp 766.000. Hal ini karena komponen yang diganti hanyalah Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 (4 liter), filter oli, gasket oli, dan balancing roda.

Service 40.000 Km atau 36 bulan

Kemudian untuk service 40.000 Km atau 36 bulan pelanggan sebaiknya mempersiapkan dana cukup besar. Pasalnya untuk melakukan perawatam pelanggan berpotensi untuk mengeluarkan dana sebesar Rp Rp 924.000 untuk transmisi matik. Hal ini karena penggantian suku cadang yang dilakukan akan lebih banyak seperti Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 (4 liter), filter oli, gasket oli, balancing roda, busi (4 buah), dan minyak rem.

Biaya Perawatan Toyota Avanza

Perawatan mobil Toyota

Sama seperti Toyota Agya, perawatan Toyota Avanza juga terbilang cukup terjangkau. Mobil yang merupakan salah satu mobil terlaris di Indonesia ini memang telah membuktikan diri mampu menjawab beragam kebutuhan masyarakat di Indonesia. Toyota juga memberikan gratis biaya jasa perawatan di bengkel resmi hingga 40.000 Km.

Khusus untuk perawatan berkala di 1.000 Km pertama, pelanggan umumnya tidak perlu membayar sepeser pun karena belum ada suku cadang yang harus diganti. Sementara pada service berikutnya, pelanggan harus membeli beberapa suku cadang. Rata-rata biaya servis Toyota Avanza untuk 5 tahun sekitar Rp 11 Juta.

Servis 10.000 Km atau 12 bulan

Pada service di interval ini, yang harus dibeli oleh pelanggan adalah Toyota Motor Oil (TMO) 10W-40 (4 liter), filter oli, gasket oli, dan balancing roda. Sementara untuk biaya total adalah sekitar Rp Rp497.000

Service 20.000 Km atau 18 Bulan

Service untuk service 20.000 Km atau 18 bulan, penggantian suku cadang juga umumnya masih sama. Suku cadang tersebut adalah Toyota Motor Oil (TMO) 10W-40 (4 liter), filter oli, gasket oli, dan balancing roda. Namun di sini umumnya pelanggan juga harus membeli air aki bila ternyata air di dalamnya berkurang. Harga air aki bervariasi mulai dari Rp 10.000.

Service 30.000 Km atau 24 bulan

Selanjutnya adalah service 30.000 atau 24 bulan. Disini komponen yang harus dibeli pun sama yaitu  tergantung mana yang tercapai terlebih dahulu. Toyota Motor Oil (TMO) 10W-40 (4 liter), filter oli, gasket oli, dan balancing roda. Biayanya adalah Rp497.000

Service 40.000 Km atau 36 bulan

Sampai pada jarak tempuh 40.000 km akan dilakukan penggantian komponen yang sama, ditambah penggantian minyak rem dan filter udara. Jasa servis masih tidak dikenakan, sementara biaya spare part untuk transmisi manualnya mencapai sekitar Rp1.321.100 dengan penambahan ganti oli transmisi dan oli gardan. Sedangkan pada Avanza bertransmisi otomatis dikenakan biaya sebesar sekitar Rp1.206.100 dengan penambahan oli gardan saja (tanpa ganti oli transmisi).

Service 60.000 Km

Setelah menempuh jarak 60.000 km, pelanggan perlu melakukan perawatan untuk penggantian spare parts yang sama seperti kilometer sebelumnya. Penggantian tersebut adalah oli mesin, filter oli, gasket oli, hingga balancing roda.

Biaya yang dibebankan mencapai sekitar Rp1.036.800, baik untuk sistem transmisi manual maupun otomatis. Serta perlu diketahui bahwa pada 60.000 km pelanggan sudah harus membayar biaya jasa perawatan rutin.

Setelah melihat kisaran harga perawatan di atas, dapat disimpulkan bahwa rata-rata biaya servis Toyota Avanza untuk jangka waktu 5-6 tahun sebesar sekitar Rp11 juta rupiah.

Bisa berubah

Perawatan mobil Toyota

Tentunya biaya perawatan ini bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung dari pihak Toyota. Meski demikian, kami menyarankan kepada pemilik kendaraan untuk tidak meninggalkan kewajibannya dalam melakukan service guna menghindari risiko kerusakan.

Dari semua komponen, oli umumnya menjadi yang termahal dibandingkan lainnya, tergantung jenis oli yang digunakan. Semakin tinggi teknologi yang digunakan oleh sebuag mobil, spesifikasi oli juga biasanya semakin tinggi. Hal ini membuat harga oli menjadi lebih tinggi.

Biaya perawatan juga bisa membengkak bila ternyata ada perbaikan yang harus dilakukan seperti service transmisi dan sebagainya. Hal ini harus menjadi pertimbangan pelanggan mobi, apapun merknya.

Umumnya pelanggan juga akan ditawarkan dengan sejumlah perawatan tambahan pada mobil. Salah satu yang paling umum adalah perawatan pendingin udara atau AC. Tentunya masing-masing model akan berbeda namun bila dilakukan perawatan tentunya akan memberi kenyamanan lebih pada pengendara.

Lakukan Booking Service Terlebih Dahulu

Perawatan mobil Toyota

Tak hanya harus memperhatikan biaya, pastikan melakukan booking service sebelum melakukan perawatan. Hal ini untuk menghindari harus menunggu lama karena antrian kendaraan yang cukup panjang.

Selain itu, dengan melakukan booking juga memberikan kesempatan kepada teknisi untuk mempersiapkan kebutuhan kendaraan. Dengan demikian mobil bisa diperbaiki dengan lebih maksimal.

Keuntungan lain dari melakukan booking service adalah adanya diskon perawatan untuk kendaraan. Ini tentunya akan memberikan keringanan tambahan kepada pelanggan sehingga diharapkan pelanggan tetap setia untuk melakukan perawatan di bengkel resmi. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar