Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Mazda3 di Indonesia juga Kena Recall Gara-Gara Fitur Canggih Ini

Berita Otomotif

Mazda3 di Indonesia juga Kena Recall Gara-Gara Fitur Canggih Ini

JAKARTA – Mazda3 di Indonesia juga ikut terkena recall (penarikan dan perbaikan gratis) seperti yang terjadi di Amerika Serikat. Penyebabnya pun sama.

Sekadar menginformasikan, pada akhir 2019 Mazda Amerika Serikat mengumumkan recall terhadap Mazda3, baik sedan maupun hatchback. Model yang terdampak diproduksi pada 2019 – 2020, dengan volume lebih dari 35 ribu unit.

Ternyata, Indonesia juga mendapatkan kampanye serupa. Model yang belum lama mengaspal di jagad otomotif Nusantara itu harus ditarik dan diperbaiki secara gratis.

Sebagai pengingat, Mazda3 resmi meluncur di negara ini pada Juli 2019, memanfaatkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Pabrikan asal Jepang ini, melalui distributor resmi EMI, merilis langsung model hatchback plus sedan.

“Kami juga ada recall,” ucap Ricky Thio, Managing Director PT. Eurokars Motor Indonesia (EMI) menjawab pertanyaan soal kebijakan di Amerika Serikat untuk Mazda3 pada Selasa (28/1/2020) di Jakarta.

Penyebabnya, menurut Ricky, sama dengan yang di ‘Negeri Paman Sam’ yaitu potensi kerusakan pada sistem pengereman otomatis. Teknologi itu terdapat dalam Smart Braking System yang bisa memberhentikan mobil dalam kondisi darurat untuk menghindari tumbukan dengan kendaraan di depan. Potensi kerusakan tersebut membuat Mazda3 dapat berhenti tiba-tiba.

Sayangnya, Ricky mengaku tidak mengingat jumlah pasti Mazda3 yang harus menjalani penarikan dan perbaikan. Ia sendiri tidak merasa khawatir kebijakan ini mencederai citra atau penjualan model tersebut.

“Namanya recall, sih, biasa, ya. Dari semua merek, semua model, pasti ada recall. Itu adalah tanggung jawab kami. Justru recall ini kami pandang dari sisi positif bahwa kami enggak kabur lah, bahasanya. Kami malah secara proaktif mengomunikasikannya (kepada konsumen),” pungkasnya.

Baik Mazda3 hatchback maupun sedan di Indonesia sama-sama mengandalkan mesin bensin SKYACTIV – G 2.0-liter. Transmisi yang dipasangkan pun sama yaitu girboks otomatis 6-percepatan.

Fitur yang menjadi pangkal masalah dalam recall, Smart Brake Assist, juga terdapat pada model yang dijual di negara ini. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang