Mazda Kehilangan Desainer Topnya Karena Hijrah ke Pabrikan China

Berita Otomotif

Mazda Kehilangan Desainer Topnya Karena Hijrah ke Pabrikan China

RAUNHEIM - Chief Desainer Mazda diumumkan pindah ke pabrikan China Chery, sepak terjang selanjutnya menarik untuk disimak.

Dalam industri otomotif, desainer memiliki peran sangat penting.  Sukses atau tidaknya pabrikan salah satunya ditentukan oleh tangan-tangan kreatif mereka terutama dalam menghasilkan model-mobil terbaik.

Belakangan, pabrikan-pabrikan otomotif China berlomba untuk mendapatkan desainer terbaik. Tujuannya tentu sebagai akseletor mereka agar produk-produknya bisa bersaing di pentas dunia.

Chery, salah satu pabrikan China baru-baru ini melakukan manuver cukup besar dengan mendatangkan chief desiner Mazda, Kevin Rice. Bagi sebagian car enthusiast tentunya mengenal betul pria lulusan Universitas Coventery, Inggris ini karena karya-karya yang fenomenal.

Sebut saja saat masih di Mazda, Rise berhasil membuat mobil produksi dengan bentuk keren yakni MX-5 dan juga CX-3. Sementara yang paling fenomenal adalah menjadi otak dari mobil konsep RX dan Vision Coupe. Karyanya ini dipuji sebagai the most beautiful concept car of the year.

Rise sendiri sejatinya telah meninggalkan Mazda pada Agustus lalu, namun belum ada kabar ke mana dia akan berlabuh. Pria yang pernah bekerja untuk Opel, Italdesign serta menjadi pemimpin styling ekterior BMW dan membidani seri 1, 2, 3, 4 tentunya mengemban misi cukup berat yakni membawa model-model Chery ke level selanjutnya. 

Di Chery, Rise memiliki jabatan sebagai global vice president dan bekerja di pusat R & D Eropa yang baru di Raunheim, Jerman.

"Bertolak belakang dengan apa yang dipercayai oleh beberapa orang, saat ini adalah salah satu momen paling menarik dalam sejarah desain mobil. Dan dalam hal ini China memiliki  energi plus ambisi luar biasa," ungkap Rice. 

Rise sendiri menyadari bahwa saat ini segalanya bergerak sangat cepat, para desainer terbaik ditantang untuk mengikuti dan mencoba memprediksi arah yang akan diambil oleh desain otomotif di masa depan.

Akankah Rise bersama Chery mampu melahirkan mobil-mobil masa depan dengan reputasi terbaik dan diterima di seluruh dunia?. Hanya waktu yang bakal menjawabnya. [Ari]
 

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar