Mazda akan Rakit Mobil di Indonesia dengan Syarat Berikut Ini

Berita Otomotif

Mazda akan Rakit Mobil di Indonesia dengan Syarat Berikut Ini

JAKARTA – Mazda bercita-cita merakit mobil di Indonesia dalam jangka waktu yang tak terlalu lama dari sekarang, saat penjualan mereka diproyeksikan mencapai belasan ribu unit setahun.

Ketika ditemui di sela-sela Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 pada April lalu, Roy Arman Arfandy selaku Presiden Direktur PT. Eurokars Motor Indonesia (EMI) membeberkan studi internal untuk perakitan lokal model-model Mazda. Dalam wawancara usai peluncuran All-New CX-8 pada Jumat (22/11/2019), Roy menegaskan rencana itu masih ada dan masih terus dipelajari.

Akan tetapi, menurutnya, prinsipal Mazda di Jepang tidak mau terburu-buru. Mereka memilih bersikap konservatif.

“Orang-orang Jepangnya juga harus konservatif. Pasar, ekonomi nasional, dan global kan juga lagi melemah,” tukasnya baru-baru ini.

Mazda mempunyai fasilitas produksi di pasar global. Untuk kawasan Asia Tenggara, baru dua negara yang sejauh ini terpilih menjadi tempat perakitan.

“Untuk Asia Tenggara setahu saya cuma di Thailand dan Malaysia,” terang Roy.

Ricky Thio, Direktur Penjualan, Pemasaran, dan Humas EMI menjelaskan pihaknya sampai saat ini masih mengimpor semua model Mazda yang mereka jual di Indonesia dari berbagai negara. Selain mendapatkan unit dari Thailand plus Malaysia, mereka juga mengimpor langsung dari Jepang.

Syarat Penjualan Belasan Ribu Unit
Pilihan perakitan lokal masih antara membuat pabrik sendiri atau bekerja sama dengan perusahaan perakitan kendaraan bermotor di Indonesia. Keduanya, ujar Roy, membutuhkan investasi yang tak bisa dibilang sedikit.

“Kami akan lihat beberapa opsi dan beberapa penyedia fasilitas CKD (Completely Knock Down),” tandasnya.

Faktor lain menuju perakitan lokal adalah volume penjualan. Mazda mesti mencapai angka penjualan tertentu agar perakitan lokal dapat terjadi.

“(Penjualan) 10 ribu unit rasanya sih belum cukup. Harus belasan ribu unit,” tukas Roy.

Ia mengaku EMI sebagai distributor resmi Mazda di Nusantara sudah punya target kapan penjualan mereka bisa menyentuh angka belasan ribu unit. Meski tidak bersedia menyebut tahun detailnya, Roy menjelaskan bahwa jumlah tersebut ingin bisa digapai ‘dalam jangka menengah’.

Saat itu, jika semua berjalan sesuai target, ia berharap perakitan lokal juga sudah dapat dilakukan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support