Mazda Indonesia akan Luncurkan 2 Mobil Baru Secara Virtual

Berita Otomotif

Mazda Indonesia akan Luncurkan 2 Mobil Baru Secara Virtual

JAKARTA – Mazda sedang mempersiapkan peluncuran virtual untuk dua model baru di Indonesia, mengikuti tren yang muncul sejak Maret 2020 akibat pandemi virus Corona.

Mazda, pada Rabu (1/4/2020) sore, mengirimkan undangan menyaksikan peluncuran virtual yang bakal berlangsung pada Jumat (3/4/2020) mendatang. Ada dua model yang siap mengaspal dengan cara tersebut yakni All-New Mazda CX-9 AWD plus Mazda CX-3 facelift.

Peluncuran akan disiarkan secara langsung pada pkl.11.00 WIB melalui akun-akun media sosial resmi Mazda di negeri ini yaitu Mazda Indonesia (Facebook) dan @mazdaid (Instagram). Begitu pula dengan akun YouTube (Mazda Indonesia) serta situs resmi mereka.

All-New CX-9 AWD serta CX-3 facelift nantinya menjadi model baru kedua serta ketiga Mazda di Nusantara. Sejauh ini, Mazda baru merilis CX-30, tepatnya pada akhir Januari kemarin.

Sebelumnya, mulai Maret kemarin, telah ada empat merek yang melepas mobil baru mereka ke Tanah Air melalui peluncuran virtual. Dimulai pertama kalinya oleh BMW, disusul kemudian secara berturut-turut oleh Toyota, Daihatsu, plus Morris Garage (MG).

Pabrikan otomotif Eropa maupun Asia itu merilis lima model. BMW mengaspalkan Seri 6 GT M Sport, Toyota memperkenalkan Agya facelift, Daihatsu mengintroduksi Ayla facelift plus Sirion facelift, sedangkan MG menerjunkan ZS.

Sepanjang sejarah industri otomotif di Indonesia, peluncuran mobil secara virtual baru terjadi pada 2020. Pemicu utamanya adalah pandemi Corona yang diketahui sudah masuk di Indonesia ketika Presiden Joko Widodo mengumumkannya pada 2 Maret 2020 kemarin.

Virus bernama resmi Covid-19 ini menular dengan cepat melalui percikan air liur orang yang terinfeksi saat batuk atau bersin. Bisa pula melalui sentuhan tangan yang telah terkontaminasi virus ke mata, hidung, atau mulut.

Karena itulah pemerintah sejak pertengahan Maret menganjurkan warga melakukan social distancing dengan cara bekerja, belajar, beribadah, dan berdiam di rumah. Acara-acara yang mengundang keramaian publik juga dilarang, termasuk seremoni-seremoni peluncuran kendaraan anyar di dunia otomotif.

Berdasarkan data terakhir per 1 April 2020, virus Corona sudah menginfeksi 1.677 orang di Indonesia. Sebanyak 103 sembuh, sedangkan 157 lainnya meninggal dunia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar