Mazda CX-5 di Indonesia Kemungkinan akan Diimpor dari Malaysia

Berita Otomotif

Mazda CX-5 di Indonesia Kemungkinan akan Diimpor dari Malaysia

JAKARTA - Mazda Malaysia Sdn. Bhd. secara resmi telah melakukan proses produksi all-new Mazda CX-5 dan kemungkinan menjadi sumber distribusi unit untuk pasar Indonesia.

Mazda Motor Corporation (MMC) baru saja mengumumkan bahwa pabrik mereka di Malaysia telah memproduksi dan meluncurkan all-new Mazda CX-5. Proses produksinya sendiri telah dilakukan sejak 29 Agustus 2017. 

Untuk mewujudkan produksi ini, MMC telah melakukan beragam persiapan. Salah satunya adalah melakukan investasi sekitar Rp 275 miliar untuk membangun fasilitas pengecatan eksklusif dan modern. 

Investasi besar ini bertujuan untuk mengoptimalisasi pembuatan bodi terutama pada saat proses pengelasan. Ini tentunya membuat kualitas produksi pabrik di Malaysia ini selaras teknologinya dengan pabrik induk Mazda di Ujina dan Hofu, Jepang. 

"Kami menjadikan Malaysia basis produksi penting di kawasan Asean. Ini bertujuan untuk membangun sistem produksi yang kuat. MMC juga telah melakukan kerjasama dengan mitra bisnis untuk mengembangkan produk Mazda di sini," jelas Masatoshi Maruyama, Managing Executive Mazda yang bertanggung jawab menangani produksi global dan bisnis logistik.

MMC sendiri telah memastikan bahwa produksi di pabrik Malaysia dan Jepang memiliki kualitas tak berbeda. Ini karena detail seperti melakukan pengecatan warna kebanggaan Mazda Soul Red Crystal dan Machine Grey bisa dilakukan termasuk flow produksi berdasarkan konsep serta teknologi manufaktur standar Mazda.

"Jadi mobil yang diproduksi di pabrik Malaysia tetap akan memuaskan pelanggan Mazda di mana pun mereka berada sama dengan all-new Mazda CX-5 buatan Jepang," tambah Maruyama.

All-new Mazda CX-5 produksi pabrik Mazda di Malaysia saat ini sudah dijual di Malaysia dan Thailand. Rencananya ke depan akan juga dikirim ke Filipina, Indonesia, Kamboja dan Myanmar.

PT Eurokars Motors Indonesia (EMI) selaku pemegang merk Mazda di Indonesia ketika dikonfirmasi hal ini belum dapat memberikan keterangan secara pasti. Karena hingga saat ini all-new Mazda CX-5 yang dijual di Indonesia masih merupakan produksi Jepang.

Baca juga : Harga All-new Mazda CX-5 Mulai Rp 526 Juta

"Kemungkinan untuk impor all-new Mazda CX-5 dari Malaysia pasti ada. Namun sama saat ini kami belum bisa memastikannya karena masih belum ada perintah resmi dari MMC," ujar Dwi "Fedi" Parileksono, PR Manager EMI.

Ketika ditanya, akankah ada revisi harga jika all-new Mazda CX-5 di masa mendatang karena datang dari Malaysia, Fedi belum bisa memastikan.

"Meski dapat memangkas jalur distribusi tidak serta merta terjadi revisi harga. Jadi lebih jelasnya nanti ketika kami memang sudah benar-benar memutuskan hal tersebut. Yang jelas,  Mazda memilliki standar produksi terbaik di seluruh pabriknya, jadi tidak ada perbedaaan kualitas antara Mazda CX-5 buatan Jepang dengan Malaysia," jelas Fedi. [Ari]

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support