Mazda Capai Produksi 50 Juta Unit Mobil di Jepang

Berita Otomotif

Mazda Capai Produksi 50 Juta Unit Mobil di Jepang

HIROSHIMA – Mazda telah menembus produksi 50 juta unit mobil di pabrik-pabrik mereka di Jepang.

Unit ke-50 juta, seperti diumumkan Mazda Motor Corporation (MMC) dalam situs resmi mereka pada Senin (28/5/2018), diproduksi pada 15 Mei kemarin. Seremoni perayaan lalu digelar pada hari ini di pabrik yang terletak di Hofu, Prefektur Yamaguchi dan turut dihadiri Representative Director, President, and CEO MMC Masamichi Kogai beserta para eksekutif lain.

Produksi 50 juta unit kendaraan dicapai dalam kurun 86 tahun tujuh bulan. Mazda pertama kali melakukan perakitan mobil di ‘Negeri Sakura’ pada Oktober 1931. Ketika itu, yang diproduksi adalah truk beroda tiga di Pabrik Hiroshima.

Mereka masuk ke pasar kendaraan penumpang Jepang pada 1960, ditandai dengan produksi R360 Coupe micro-mini. Pabrik Hofu sendiri mulai beroperasi pada 1982.

Di dalam perayaan, Kogai menegaskan bahwa pembuatan 50 juta unit mobil tersebut menunjukkan betapa panjangnya sejarah yang dimiliki Mazda. Ia kemudian menegaskan bahwa Mazda akan terus membangun merek yang kuat melalui berbagai inisiatif.

“Pabrik-pabrik kita di Hofu dan Hiroshima akan tetap berevolusi dan bertindak sebagai pabrik induk yang mempengaruhi secara cepat teknologi serta kemampuan pabrik-pabrik di negara lain,” kata dia kepada para karyawan dan buruh pabrik Mazda.

Teknik serta fleksibilitas produksi yang diterapkan di pabrik Mazda amat membantu mengembangkan bisnis mereka. Pasalnya, model-model berbeda dapat dibuat di satu lajur, sehingga efisiensi tercapai dan memungkinkan merek satu ini membuat beragam model dengan volume kecil.

Pada 2016 dan 2017, Mazda memperluas fleksibilitas produksi mereka tersebut ke model-model crossover. Diciptakan pula sebuah sistem yang membuat mereka dapat beradaptasi dengan cepat pada perubahan permintaan di pasar.

Pada tahun fiskal 2018, Mazda menargetkan penjualan 1.660.000 unit mobil secara global. Mereka pun menargetkan untuk meningkatkan kemampuan produksi hingga 2 juta unit per tahun pada 2024.

Mazda juga memiliki rencana merakit secara massal mobil-mobil dengan teknologi dan desain generasi terbaru pada 2019. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual