Mazda Buktikan Smart City Brake Lebih Cepat dari Reaksi Pengendara

Berita Otomotif

Mazda Buktikan Smart City Brake Lebih Cepat dari Reaksi Pengendara

LONDON - Mazda membuktikan bahwa sistem Smart City Brake Support (SCBS) --rem otomatis melakukan pengereman mendadak-- bukan sekedar gimmick atau iming-iming guna mendongkrak penjualan.

Teknologi tersebut adalah benar adanya dan mampu menghindari kecelakaan. Hal itu dibuktikan lewat sebuah video berdurasi sekitar 1 menit menggunakan Mazda CX-5 Skyactiv.

Dalam sebuah tayangan video tersebut, Mazda mengajak 6 stunt driver merasakan performa mobil SUV itu di daratan tanpa hambatan di Eropa. Keenam mobil ini melakukan 'tarian' unik dan bermanuver ke kiri dan kanan saling bergantian. Mereka coba membuktikan jika Mazda CX-5 begitu liar dan fun to drive.

Namun, tiba-tiba pengendara mobil paling depan bersin dan melakukan pengereman mendadak. Sontak pengendara lainnya yang terlalu dekat di belakang tidak sempat melakukan pengereman.

Beruntung mobil-mobil itu sudah tersemat sistem Smart City Brake. Teknologi canggih itupun bereaksi lebih cepat dari pengedara untuk menghentikan laju kendaraan.

Ini memang bagian dari skenario Mazda untuk mengubah pola pikir masyartakat dunia. Dalam kesempatan yang sama, diakui Mazda jika reaksi sistem ini lebih cepat dari sopir untuk mengantisipasi situasi-situasi tersebut khususnya di daerah perkotaan yang dikenal padat lalu lintas. SCBS pada Mazda CX-5 beroperasi mulai kecepatan rendah sampai 30 kpj.

Sistem ini menggunakan sensor laser yang dipasang di bagian atas kaca depan untuk mendeteksi benda-benda di depan kendaraan. Sistem akan melakukan pengeraman darurat jika pengemudi gagal untuk memperlambat laju kendaraan, gunanya untuk menghindari tabrakan.

Simak TVC Mazda CX-5 Skyactiv. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter  



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual